Tahapan Pemilu 2024 Dimulai, Parpol Baru Dan Non Parlemen Wajib Diverifikasi Faktual

Ketua beserta para komisioner KPU Taoteng saat Peluncuran Tahapan Pemilu 2024. (Putra Hutagalung)

1Minutesnews.com | Sama dengan seluruh daerah di Indonesia, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tapanuli Tengah (Tapteng), Selasa (14/6/2022) malam, melaksanakan Lounching Tahapan Pemilu 2024, bertempat di Aula KPU Tapteng.

Selain dihadiri oleh Ketua KPU Tapteng, Azwar Sitompul bersama empat komisioner KPU lainnya, Timbul Panggabean, Yudi Arisandi Nasution, Jonas Pasaribu dan Fery Yosa Nasution, lounching ini juga dihadiri oleh Pj Bupati Tapteng, Yetty Sembiring, S. STP, Plt. Sekdakab, Drs Herman Suwito beserta jajaran Pemkab Tapteng, Ketua Bawaslu Tapteng, Setia Wati Simanjuntak didampingi komisioner lainnya, dan para pengurus parpol peseta Pemilu.

“Mulai besok, tahapan Pemilu 2024 sudah dimulai. Tahapan pertama adalah Pendaftaran parpol calon peserta Pemilu. Lalu dilanjutkan dengan verifikasi parpol. Dalam tahapan ini, ada dua jenis verifikasi yang akan dilakukan, yakni verifikasi administrasi dan verifikasi faktual. Verifikasi faktual berlaku untuk parpol non parlemen atau tidak memiliki kursi di DPR RI dan parpol baru. Sedangkan bagi parpol yang saat ini memiliki kursi di parlemen pusat, di daerah hanya melakukan verifikasi administrasi. Ini sudah Keputusan final dari MK,” terang komisioner KPU, Timbul Panggabean kepada awak media mewakili rekan-rekannya.

Dikatakan kemudian, untuk tahun 2022 ini, ada 4 tahapan yang dilaksanakan, yakni pendaftaran parpol, verifikasi parpol, pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih.

“Dalam proses verifikasi faktual, kita akan memverifikasi langsung kepada masyarakat,” lanjutnya yang saat ini menjabat sebagai Divisi Sosialisasi, Parmas dan SDM.

Ketua KPU Tapteng, Azwar Sitompul menambahkan, lounching atau Peluncuran Tahapan Pemilu ini dilakukan bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat, bahwa proses Pemilu 2024 sudah dimulai.

“Tahapan sudah dimulai, dan kita butuh peran dari media, untuk sosialisasi ke masyarakat dan peserta pemilu.

Karena pelaksanaan Pemilu tidak akan sukses tanpa peran aktif masyarakat sebagai pemilih. Makanya pada acara ini kita mengundang seluruh stakeholder, mulai dari Bawaslu, Pemkab Tapteng maupun parpol. Kita juga berharap peran aktif media untuk mengkampanyekan tahapan Pemilu ini kepada masyarakat,” katanya seraya menjelaskan tahapan-tahapan ini sesuai dengan PKPU Nomor 3 Tahun 2022.

Pada kesempatan itu, komisioner KPU lainnya, Yudi Arisandi Nasution yang kini menjabat Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, mengingatkan peserta pemilu agar mematuhi PKPU Nomor 3 Tahun 2022 tersebut.
“Yang perlu dipersiapkan parpol di Tapteng adalah kepengurusan, sekretariat, plang kantor, dan jika perlu koordinasi dengan kita,” tukasnya menimpali.

Editor : Putra Hutagalung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.