Lanal Sibolga dan Basarnas Evakuasi 4 ABK KM Rezeki Yoanas

Lanal Sibolga dan Tim SAR Evakuasi 4 ABK KM Rezeki Yonas

1MNC, Sibolga | Lanal Sibolga melaksanakan SAR kecelakaan Kapal nelayan KM.Rezeki Yoanas terbalik saat posisi berlabuh jangkar karena cuaca buruk disertai angin kencang di perairan Pulau Silabu-labu P.Mursala, TapanuliTengah ,Selasa (03/05/2022).

Mendapatkan laporan dari Pos SAR Sibolga Komandan Lanal Sibolga Letkol Laut (P) Cahyo Pamungkas, M.Tr. Opsla lansung mengerahkan prajurit Lanal Sibolga untuk bergabung melakukan SAR Gabungan dengan menggunakan KN.Nakula bersama Unsur Sar Pos SAR Sibolga dan Polairud untuk melakukan pencarian korban yang hilang akibat insiden tengelamnya kapal KM.Rezeki Yoanas di P.Silabu-labu diperairan P.Mursala, Tapanuli Tengah.

Menurut Komandan Lanal Sibolga , tanggal 28 April 2022 pukul 05.00 Wib KM Rezeki Yoanas GT 5 yang bermesin 100PK , Berangkat melaut dari tangkahan Bintang Jaya Sibolga, dengan tujuan menangkap ikan di daerah perairan Silabu-labu, Pulau Mursala namun karena cuaca buruk Pada tanggal 02 Mei 2022 Malam KM.Rezeki Yonas berlabuh dan lego jangkar di perairan Silabu- labu, pulau Mursala namun
Hingga keesokan harinya cuaca bahkan semakin buruk badai disertai angin kencang hingga membuat KM. Rezeki Yoanas terbalik dan tenggelam sekitar pukul 03.00 Wib .

4 orang ABK berhasil selamat ,akan tetapi 1 orang ABK belum ditemukan, Kapal kapal dengan mesin tempel yang berada di sekitar perairan silabu labu Pulau Mursala sudah melakukan pencarian namun korban yang hilang belum ditemukan juga.


Karena cuaca semakin buruk dan hari mulai malam pencarian dihentikan sementara dan Tim SAR dengan KN Nakula kembali ke Pelabuhan PPN Sibolga untuk mengevakuasi 4 0rang yang telah berhasil selamat.

Komandan Lanal Sibolga memerintahkan untuk tetap melakukan pencarian terhadap korban hingga korban dapat ditemukan. Hal ini selaras dengan perintah KASAL, Laksamana TNI Yudo Margono bahwa TNI AL harus memberikan kerja nyata yang bermanfaat terhadap masyarakat, bangsa dan negara.

Adapun korban yang telah berhasil ditemukan atas nama Toni Siburian
Umur 40 tahun Nahkoda KM.Rezeki Yoanas,. Daniel Silaban umur 28 t ahun ABK , Yosi sitorus umur 25 tahn ABK , Riki Simamora Umur 27 tahun ABK .sedangkan Korban yang belum diketemukan atas nama Sitanggang Umur 40 tahun ABK. (REL @Penlan_SBA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.