HUT Gardanis Membawa Berkah , Tiga Warga Etnis Nias Dapat Bantuan Pembangunan Rumah dari Bupati Tapteng

  • Bagikan
Tiga warga Kabupaten Tapanuli Tengah dari etnis Nias mendapatkan bantuan pembangunan rumah dari Bupati Tapteng Bakhtiar Sibarani (Foto Agus Tanjung)

1Minutesnews.com, Tapteng | Di Puncak Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT ) Garda Iraono Sihio Dola (Gardanis) Ke I membawa berkah bagi 3 (tiga) warga Tapteng dari etnis Nias. Pasalnya, Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Bakhtiar Ahmad Sibarani berkenan membantu pembangunan rumah kepada mereka.

Puncak HUT Gardanis I diadakan di Dusun III Desa Aek Horsik Kecamatan Badiri Kabupaten Tapanuli Tengah, hari Jumat 29 Oktober 2021 pukul 16.00 WIB. Walaupun hujan mengguyur lokasi acara, namun semangat ribuan masyarakat Nias untuk mengikuti kegiatan itu tetap tak terbendung.

Bupati Tapteng Bakhtiar Sibarani nyanyi bersama Snada Trio di HUT Gardanis I (Foto Agus Tanjung)

Terbilang baru dan terbentuk bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 2020, DPP Gardanis yang dinakhodai Vincensius Arianto Gea, S.Pd sebagai Ketua Umumnya, sudah banyak memberikan kontribusi khususnya kepada etnis Nias di Kabupaten Tapanuli Tengah.

“ Sesuai visi dan misi Gardanis adalah menyatukan Ono Niha diperantauan. Selain melakukan kegiatan sosial dan kemasyarakatan serta olah raga, Gardanis juga telah memfasilitasi 15 gereja untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah Sumut melalui Waket Ketua DPRD Sumut Bapak Rahmasnyah Sibarani, “ kata Vinsensius Gea dalam kata sambutannya di acara puncak HUT Gardanis.

Gardanis juga berkomitmen bermitra dengan pemerintah daerah di manapun organisasi ini berada.

Acara pemberian sirih kepada Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani di HUT Gardanis I (Foto Agus Tanjung)

Pernyataan dari Ketua Umum Gardanis ini bukan lah hanya sekedar ucapan, Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani juga mengakui adanya kegiatan positif dari Gardanis di Kabupaten Tapanuli Tengah.

“ Saya bangga dengan organisasi Gardanis ini. Baru satu tahun berdiri tetapi telah banyak kegiatan positif yang dilakukan. Teruslah berbuat baik, meskipun dipastikan kita bukan menjadi yang terbaik. Kita boleh membela diri, tetapi yang paling penting kita harus mengenal diri, “ kata Bupati Bakhtiar Sibarani.

Dikesempatan ini, Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani juga mengingatkan etnis Nias di Kabupaten Tapanuli Tengah harus bersatu.

“ Ada sekitar 30 ribuan etnis Nias yang menjadi warga Kabupaten Tapanuli Tengah. Ke depannya bersatulah dan saya berharap bukan hanya satu lagi anggota DPRD Tapteng dari etnis Nias, tapi lebih, “ kata Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani menyemangati.

Bupati Tapteng Bakhtiar Sibarani, Waket DPRD Willy Silitonga , Ketua Umum Gardanis Vinsensius Gea bersama pengurus memotong kue HUT Gardanis I (Foto Agus Tanjung)

HUT Gardanis ini juga memberikan berkah kepada warga Dusun III Aek Horsik serta Etnis Nias. Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani yang juga sebagai Pembina Gardanis berjanji akan membangun jalan desa ini sekaligus memberikan bantuan pembangunan rumah bagi 3 (tiga) orang warga Tapteng dari etnis Nias.

“ Tadi Ketua Gardanis menyampaikan permintaan warga agar jalan di sini diperbaiki dan diaspal. Saya pastikan tahun depan di bangun. Dan untuk tiga orang warga yang belum punya rumah, tahun depan bulan Februari akan kita bangun. Kita sudah bangun 560 rumah warga yang tidak mampu, “ kata Bupati Tapteng disambut tepukan dari ribuan masyarakat yang hadir.

Bupati Tapteng Bakhtiar Sibarani bersama Ketua Umum Gardanis Vinsensius Gea menyerahkan hadiah kepada Juara I Putra Turnamen Volli Gardanis Cup (Foto Agus Tanjung)

Ke tiga warga yang beruntung tersebut adalah, Lalaao Zebua warga Desa Hutagurgur, Arisman Zebua warga Desa Lubuk Ampolu dan Sanongoni Zega warga Desa Lubuk Ampolu. Ke tiganya mengaku dihadapan Bupati memiliki tanah tapi tidak sanggup membangun rumah .

Puncak acara HUT Gardanis I terbilang meriah dan mewah. Untuk menghibur masyarakat, pihak Panitia sengaja mendatangkan artis dari luar kota bahkan dari Jakarta. Diantaranya Snada Trio dan Petrus Gea dari Jakarta.

Petrus Gea salah seorang artis dari Jakarta yang didatangkan saat HUT Gardanis I (Foto Agus Tanjung)

Acara ini selain dihadiri Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani, juga dihadiri Waket DPRD Tapteng Willy Saputra, OPD Tapteng serta Pejabat dari Pemko Sibolga.

Aksi spontan Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani saat mengikuti nyanyian yang dibawakan Petrus Gea (Foto Agus Tanjung)

Terlihat juga dibarisan undangan organisasi kepemudaan seperti Pemuda Batak Bersatu (PBB) dan Keluarga Besar Purnawiran Polri (KBPP).

Diakhir Acara, dilaksanakan pemberian hadiah Turnamen Volly Gardanis Cup I .

Adapun pemenangnya adalah Untuk Kategori Putra, Juara I dari Kebun Pisang, Juara II dari Sibolga Sambas, Juara III dari Sialogo, dan Juara Harapan dari Kelurahan Lopian. Sedangkan untuk Putri, Juara I dari Sibolga Sambas, Juara II Aek Horsik, Juara III Lopian, dan Juara Harapan Masundung. (Agus Tanjung)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan