Menteri Airlangga Umumkan Sumut Bebas PPKM Level 4 Termasuk Sibolga

  • Bagikan
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat melakukan konfrensi Pers Perpanjangan PPKM

1MNC, Jakarta | Pemerintah kembali memperpanjang PPKM Level 4 di 10 kabupaten dan kota luar Pulau Jawa dan Bali hingga dua pekan mendatang. Kabar gembiranya, untuk Provinsi Sumatera Utara dinyatakan bebas dari PPKM Level 4.

Kepastian ini sesuai dengan Siaran Pers Nomor HM.4.6/287/SET.M.EKON.3/09/2021 dari Kementerian Kordinator Bidang Perekonomian tanggal 20 September 2021 Pukul 19.34 WIB.

Pengumuman ini juga diunggah Chanel You Tube @Perekonomian RI.

Dalam Siaran Pers dan Unggahan di Chanel You Tube, Menko Perekomian Airlangga Hartarto menyebutkan perpanjangan PPKM diluar Pulau Jawa dan Bali berlaku dari tanggal 21 September–4 Oktober 2021

Ia juga menyebutkan bahwa di luar Jawa Bali ada 10 kabupaten/kota yang masih harus menerapkan PPKM level 4. Namun dari daerah tersebut tak ada satu pun kabupaten/kota dari Sumut.

“Pemerintah tetap mengusulkan perpanjangan PPKM di luar Jawa-Bali 21 September–4 Oktober. Sesuai arahan Pak Presiden maka ini terus kita dorong PPKM level 4 masih diberlakukan di 10 kabupaten/kota,” kata Airlangga dalam konferensi pers Perpanjangan PPKM, Senin (20/9/2021).

“Dari daftar kabupaten/kota yang melaksanakan PPKM level 4 itu adalah di Aceh, Aceh Tamiang maupun di Pidie. Kemudian di Babel di Bangka. Kemudiaan di Sumatera Barat di Kota Padang. Di Kalimantan Selatan di Banjabaru dan Banjarmasin, ini merupakan aglomerasi. Kemudian Kota Balikpapan dan Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur. Di Kalimantan Utara yang berdekatan yakni Kota Tarakan dan Bulungan,” ungkap Airlangga.

Mantan Menteri Perindustrian ini menyebut, PPKM Level 4 di daerah tersebut masih diberlakukan lantaran tingkat vaksinasi belum mencapai 50 persen dari jumlah penduduk.

Tetapi baik di Siaran Pers maupun Unggahan di Chanel You Tube , Menteri Airlangga Hartarto tidak merinci Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Utara yang turun level baik ke Level III, II maupun I.

Sementara diketahui, sebelumnya untuk Provinsi Sumatera Utara, Kabupaten/Kota yang masuk ke Level 4 adalah Kota Medan, Kabupaten Madina dan Kota Sibolga.

Menteri Airlangga Hartarto hanya menyebutkan Selama dua minggu terakhir, 15 wilayah dari 23 kabupaten/kota yang menerapkan PPKM Level 4 turun menjadi level 3.

Adapun 7 kabupaten dan kota lainnya turun dari level 3 ke level 1. “Level asesmen II dari 118 kabupaten/kota menjadi 249 kabupaten/kota. Dan level asesmen I menjadi 18 kabupaten/kota. PPKM level 4 masih diberlakukan di 10 kabupaten/kota karena terkait aglomerasi, jumlah penduduk, maupun tingkat vaksinasi yang masih di bawah 50 persen,” ucap dia.

Sementara di laman media social @info sumut diketahui Kota Sibolga masuk ke Level II sejajar dengan tetangganya Kabupaten Tapanuli Tengah.

Tangkapan layar @infosumut (sumber FB)

“ Kabar Baik!!
Kondisi terkini COVID-19 di Kabupaten/Kota Sumatera Utara saat ini sudah mulai berangsur membaik.
“ Hasil ini berdasarkan Asesmen Kementerian Kesehatan RI tanggal 18 September 2021, namun jangan sampai kita terlena dengan keadaan yang semakin membaik ini, yuk kencangkan lagi protokol kesehatan dan yakin kita pasti bisa!!! “ tulis admin @Info sumut dilaman facebooknya yang terpantau redaksi tanggal 20 September 2021 pukul 22.17 WIB. (RED)

Tonton Konfrensi Pers terkait perpanjangan PPKM di sini.. 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan