Dinkes Nilai Program Bantuan Sanitasi di Kelurahan Budi Luhur Berhasil

  • Bagikan
Tim Dinkes bersama Lurah Budi Luhur Ahmad Faisal dan Ketua KKM meninjau fasilitas pembangunan sanitasi di salah satu rumah warga

1Minutesnews.com, Tapteng | Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Utara menilai Program Sanitasi Berbasis Masyarakat yang diluncurkan Kementerian Kesehatan RI untuk Kelurahan Budi Luhur Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah berhasil.

Penilaian ini diperoleh setelah Tim Dinkes Sumut meninjau langsung ke rumah warga penerima bantuan program ini di Kelurahan Budi Luhur , hari Kamis (09/09/2021) siang.

Program Sanitasi ini berbentuk pembuatan Jamban Sehat , tempat cuci tangan dan Tong Sampah.

Salah satu rumah warga penerima bantuan sanitasi

Kedatangan Tim Dinkes Sumut didampingi Dinas Kesehatan Tapteng  disambut langsung Lurah Budi Luhur Ahmad Faisal Aritonang dan Ketua Kelompok Kerja Masyarakat (KKM) Samahati Lase.

 

Kepada awak media Ketua KKM Samahati Lase menjelaskan , Program Pembuatan Jamban Sehat ini diperuntukkan bagi keluarga sesuai kategori yang diminta oleh Kementerian Kesehatan RI.

“ Program ini diperuntukkan bagi keluarga penderita TB dan Stunting. Di Kabupaten Tapanuli Tengah ada 7 (tujuh) kelurahan yang memperoleh bantuan yang dananya dari pusat , salah satunya kelurahan kita, “ jelas Samahati Lase.

Jamban, Tempat Cuci Tangan dan Tong Sampah merupakan paket bantuan dari Kementerian Kesehatan RI

Samahati Lase juga menjelaskan, KKM dibawah naungannya dipercaya untuk membangun 15 unit Jamban Sehat , Tempat Cuci Tangan dan Tong Sampah.

“ Kami dalam membangun jamban sehat tempat cuci tangan dan tong sampah ini diwajibkan berstandar sesuai dari Kemenkes. Untuk ini kami didampingi Ibu Gultom dari Dinkes Tapteng  untuk memberikan arahan saat pengerjaannya. Setiap kelurahan mendapatkan 15 paket bantuan bernilai Rp. 10 juta. Alhamdulilah saat Tim Dinkes Sumut datang, kami sudah menyelesaikan 90 persen dari yang diminta dan setelah diperiksa dinyatakan sesuai dengan standard , “ lanjutnya.

Salah satu warga penerima bantuan

Sementara itu, Lurah Budi Luhur Ahmad Faisal Aritonang, SE sangat mengapresiasi bantuan pelaksanaan pembangunan sarana Sanitasi jamban dan cuci tangan di Budi Luhur program intervensi kesehatan lingkungan dalam pengendalian Stunting dan TB melalui peningkatan kualitas sanitasi lingkungan T.a 2021

“ Program Jamban Sehat , sarana cuci tangan dan tong sampah ini diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui akses jamban sehat dan perilaku hidup sehat untuk mengurangi prevalensi stunting dan TB serta mewujudkan generasi yang berkualitas. Kami masyarakat Budi luhur mengucapkan terima kasih juga kepada Bapak Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani atas perhatian dan kerja kerasnya selama ini, dalam kepemimpinan Beliau banyak terlaksana pembangunan sehingga berdampak baik bagi kami masyarakat Budi luhur khusus nya, “ katanya.

Lurah Budi Luhur Ahmad Faisal , Ketua KKM Samahati Lase berharap kepada pemerintah pusat (Kemenkes RI) agar tahun berikutnya program ini juga bisa diperoleh Kelurahan Budi Luhur guna menciptakan akses jamban sehat bagi masyarakat bisa mencapai 100%. (Agus Tanjung)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan