1.964 Petani Dapat “Kado “di Hari Jadi Kabupaten Tapanuli Tengah Ke -76

  • Bagikan
Perwakilan PT. BNI Tbk menyerahkan simbolis KUR Tani untuk 1.964 petani ke Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani.

1Minutesnews.com, Tapteng  | 1.964 Petani di Kabupaten Tapanuli Tengah mendapatkan “ kado “ terindah di Hari Jadi Kabupaten Tapanuli Tengah yang hari ini Selasa 24 Agustus 2021 tepat berusia 76 tahun. Kado ini berupa Kredit Usaha Rakyat (KUR) Tani dari PT. BNI Tbk.

Khabar gembira ini disampaikan Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani saat Perayaan Hari Jadi Tapteng ke-76 yang digelar di Gedung Olah Raga (GOR) Pandan hari Selasa (24/08/2021).

“ Alhamdullilah , petani kita  mendapatkan KUR Tani dari BNI. KUR ini tanpa agunan dan angsurannya di bayar saat panen. Kalaupun gagal panen ,petani  tidak akan terikat hutang karena pinjamannnya dijamin oleh pihak asuransi, “ kata Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani.

Dikesempatan ini, Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani menyerahkan secara simbolis kKUR Tani kepada 2 (dua) orang perwakilan petani padi dengan nilai KUR Tani sebesar Rp. 17.056.000,- (tujuh belas juta lima puluh enam ribu rupiah).

Masih kata Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani, “ Mimpi saya untuk mensenjahterakan petani kita bisa terwujud dengan adanya bantuan modal ini. Insya Allah petani kita bisa panen 8 hingga 10 ton dalam satu hektar. Bila ini terwujud, Kabupaten Tapanuli Tengah akan swasembada pangan dan menjadi lumbung padi di Sumatera Utara, “ lanjut Bupati.

Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani didampingi Wabup Darwin Sitompul menyerahkan simbolis KUR Tani

Perayaan Hari Jadi Ke-76 Pemkab Tapteng digelar secara sederhana dikarenakan masih situasi pandemic covid-19. Undangan yang hadir juga dibatasi yang memasuki lokasi tempat acara dengan menerapkan protocol kesehatan yang ketat.

Untuk diketahui, KUR Tani ini merupakan program Kementerian Pertanian (Kementan) dan PT. BNI Tbk serta Pemerintah Daerah (Pemda), salah satu yang berhasil memperoleh program ini adalah Kabupaten Tapanuli Tengah.

Dikutip dari berbagai sumber, KUR Tani masuk dalam kategori KUR Khusus. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas usaha masyarakat tani, seperti pedagang pupuk maupun ekosistem pendukung pertanian lainnya. Tenor pelunasan KUR Tani adalah 5 bulan atau sebanding dengan satu musim tanam.

Harapannya adalah setelah menuai hasil panen, petani bisa mengembalikan pinjaman modal usaha yang mereka kerjakan.

Jumlah pinjaman KUR Tani menyesuaikan dengan jenis tanaman dan luas lahan. (Agus Tanjung)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan