Ini Pesan Waket DPRD Tapteng Willy Silitonga di Hari Lahir Pancasila Untuk Generasi Muda

  • Bagikan
Wakil Ketua DPRD Tapteng Willy Silitonga mencium bendera merah putih saat peringatan hari lahir Pancasila

1Minutesnews.com, Tapteng | Di Hari Lahir Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni ini, Wakil Ketua DPRD Tapanuli Tengah (Tapteng) , Willy Saputra Silitonga SH berpesan kepada generasi penerus untuk bisa merefleksikan dan menguatkan karakter diri.

Menurutnya, penguatan karakter Pancasilais hendaknya dimulai sedini mungkin. Karakter Pancasilais dilakukan dengan penanaman nilai-nilai dari lima sila dalam Pancasila.

“Penanaman nilai Pancasila ini harus dimulai dari dunia pendidikan terlebih dahulu, yang paling efektif bermula dari dunia pendidikan. Bagaimana mencetak kader bangsa yang berjiwa Pancasilais,” kata Willy Silitonga, Selasa (1/6/2021).

Wakil Bupati Darwin Sitompul bersama Pimpinan DPRD Tapteng dan Forkopimda ikuti peringatan hari lahir Pancasila (Foto Istimewa)

Willy juga menambahkan Pada 1 Juni 1945, kata Pancasila pertama kali diperkenalkan Bung Karno saat berpidato di sidang BPUPKI di Gedung Chuo Sangi In, Jakarta. Atas dasar itu, pemerintah menetapkan tanggal 1 Juni disebut sebagai hari lahir istilah Pancasila.

” Ya, ini karena memang istilah Pancasila itu yang mengemuka dalam pidato Soekarno tersebut.
Fondasi berdirinya rumah besar bernama Republik Indonesia digagas, para founding fathers berpikir keras bagaimana caranya agar negeri ini sanggup menaungi kodrat pluralistiknya,” tegasnya.

Willy juga mengingatkan, anak muda sangat rentan terhadap perilaku radikalis ketimbang orang dewasa.

Hal ini berbahaya, karena dapat berpotensi merusak orientasi cita-cita bangsa.

Mengenakan Pakaian adat Minang, Politisi Muda asal PDIP Willy Silitonga ikuti peringatan hari lahir pancasila (Foto Istimewa)

“Ajaran agama apapun melarang tindakan radikalis. Tindakan radikal tentu akan menimbulkan perpecahan, adu domba, persatuan akan hilang,” tegasnya.

Politikus PDIP ini menegaskan, nilai Pancasila sudah selayaknya tidak perlu diperdebatkan lagi. Karena, nilai yang terkandung didalamnya bersifat final. Artinya, kedepan fokus terhadap pengimplementasian nilainya bukan untuk mengubahnya.

“Peringatan hari lahir pancasila itu yang perlu dimaknai adalah bagaimana Pancasila ini benar-benar menjadi jiwa bangsa, tidak hanya sekedar simbol. Bagaimana lima sila itu kita praktek kan dalam kehidupan sehari-hari sehingga akan menjadi karakteristik bangsa indonesia,” tuturnya.

Ketua DPRD Tapteng Khairul Kiyedi Pasaribu dan Waket Willy S Slitonga kompak mengenakan pakaian adat daerah saat peringatan hari lahir pancasila (Foto Istimewa)

Sebelumnya, Willy Silitonga bersama Wakil Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Darwin Sitompul dan Ketua DPRD Tapteng Khairul Kiyedi Pasaribu dan Forkopimda Tapteng mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 secara virtual bertempat di Ruang Rapat Cendrawasih Kantor Bupati Tapteng pada Selasa (01/06/2021).

Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo, bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 bertempat di Gedung Pancasila, Jakarta. Presiden Jokowi mengenakan baju adat Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Dikesempatan ini, Wakil Ketua DPRD Tapteng Willy Silitonga mengenakan pakaian adat Minang. (Agus Tanjung)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan