Tomas, Toga dan Pemuda Muslim Nias Dukung Kehadiran Gardanis di Tapteng

  • Bagikan
Tomas, Toga dan Pemuda Muslim Etnis Nias Dukung Kehadiran Gardanis di Tapteng

1Minutesnews.com, Tapteng | Tokoh Masyarakat (Tomas) dan Tokoh Agama (Toga) serta pemuda dari kalangan Muslim Nias mendukung keberadaan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Garda Iraono Sihono Dola (GARDANIS) yang berpusat di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

“ Setelah kami amati kegiatan dan AD/ART dari Gardanis terbukti organisasi kepemudaan tempat berkumpulnya pemuda pemudi dari suku Nias ini bersifat nasional bukan hanya tempat berhimpunnya pemuda/I etnis nias yang non muslim, “ kata Samahat Lase yang merupakan tokoh masyarakat di Kecamatan Pandan hari Jumat (07/05/2021).

Ketua Umum DPP Gardanis Vincensius Gea (berdiri) saat menanggapi dukungan dari tomas,toga dan pemuda muslim etnis nias

Samahati Lase yang juga merupakan Ketua Yayasan Sebar (Sekata Berbagi) dan Pengurus Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Budi Luhur, menilai Gardanis juga focus kepada kegiatan sosial dan kepemudaan.

“ Kegiatannya juga positif dan bersifat sosial. Saya juga ketua yayasan yang bergerak di bidang sosial. Itu sebabya saya himbau kepada pemuda-pemudi maupun kalangan orang tua untuk yang muslim, bisa bergabung atau memberikan dukungan untuk membesarkan Gardanis, khususnya di Kabupaten Tapanuli Tengah, “ lanjutnya.

Sementara itu, Ramdan Zebua yang merupakan pemuda muslim dari etnis nias, meminta kepada DPP Gardanis agar membuka kepengurusannya hingga tingkat desa.

“ Saya apresiasi keberadaan Gardanis. Tetapi kendalanya, saat kami mau mendaftar menjadi anggota, tidak tahu mau kemana. Saya minta agar secepatnya kepada pengurus Gardanis membentuk pengurusnya hingga ke tingkat desa, “ kata Ramdan Zebua.

Menanggapi dukungan dan permintaan dari Tomas, Toga dan Pemuda muslim dari etnis Nias ini, Ketua Umum DPP Gardanis Vinsensius Arianto Gea, S.Pd mengucapkan terima kasih.

“ Terima kasih kepada Bapak bapak kami dari kalangan muslim yang memberikan dukungan kepada Gardanis. Semoga dengan dukungan ini, etnis nias bisa bersatu tanpa memandang latar belakang agama. Saya juga berterima kasih kepada saudara kami Ramlan Gea terkait sarannya. Kami akan segerakan membentuk seluruh kepenguirusan hingga tingkat desa. Memang sudah ada beberapak kecamatan yang kepengurusan Gardanisnya sudah berdiri. Untuk sementara bagi yang mau bergabung ke Gardanis bisa mendaftar melalui on line, dengan mengunjungi fansfage Gardanis, “ ungkap Vincent.

Acara buka bersama DPP Gardanis dengan Tomas, Toga dan Pemuda Muslim etnis nias

Acara tatap muka ini ditutup dengan Buka bersama di Café Irma Pandan.

Dari pantauan awak redaksi, terlihat juga hadir Ketua BKM Masjid Al – Hikmah Kalangan Saribudi Waruwu, Yanti Zebua (Keplink) dan beberapa tokoh masyarakat dan pemuda dari kalangan muslim.

Sementara dari Gardanis, terlihat hadir Sekretaris Umum : Julius Mendrofa, Bendahara Umum : Damianus Zendrato serta kepengurusan lainnya.

Gardanis dibentuk tanggal 28 Oktober 2020 di Pandan dengan tujuan untuk mempersatukan pemuda pemudi suku Nias di seluruh Indonesia khusus Sibolga Tapteng.

Gardanis juga diharapkan menjadi wadah sosial bagi suku Nias dan menjadi tempat berkembangnya kreatifitas pemuda pemudi Nias di dalam mendukung program pemerintah di tempat Gardanis berada. (Agus Tanjung)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan