1MINUTESNEWS – KABAR SUMUT Sumatera Utara Bupati & Wabup Tapteng Salurkan Rp. 2,4 Milyar Zakat ASN Untuk 11.454 Mustahaq

Bupati & Wabup Tapteng Salurkan Rp. 2,4 Milyar Zakat ASN Untuk 11.454 Mustahaq

1Minutesnews.com, Tapteng |Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah menyalurkan Rp. 2,4 Milyar lebih zakat maal ASN kepada 11.454 orang yang mustahaq.

Zakat maal ini diserahkan langsung Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani bersama Wakil Bupati Darwin Sitompul dan Pimpinan DPRD Kabupaten Tapanuli Tengah di Masjid Al-Ikhlas, Desa Bukit Patupangan Kecamatan Barus pada Rabu (05/05/2021) sore.

Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani bersama Wakil Bupati Darwin Sitompul menyerahkan zakat ASN kepada perwakilan mustahaq

Disebabkan situasi masih di masa pandemic covid-19, penyerahan zakat maal ASN ini dilaksanakan secara simbolis kepada 10 orang perwakilan penerima zakat yang mustahaq dengan menerapkan prokes.

Dalam sambutannya Bupati Bakhtiar Sibarani menyebutkan, bahwa zakat yang dibagikan ini adalah hasil pengumpulan zakat dari ASN Pemkab Tapteng bukan dari APBD Tapteng.

” Zakat ini dari gaji Bupati dan seluruh ASN yang beragama Islam. Kami sebagai pemimpin mengingatkan agar kita menyalurkan zakat kita pada kaum dhuafa, karena di harta kita ada rezeki orang lain, “ kata Bupati Bakhtiar Sibarani.

Ketua DPRD Tapteng, Khairul Kiyedi Pasaribu serahkan zakat ASN ke perwakilan Mustahaq

Dikesempatan ini Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani atas nama Pemkab Tapteng dan pribadi menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat .

“Saya mohon maaf kalau ada salah dan khilaf dan kekurangan kami di dalam melayani masyarakat Kabupaten Tapanuli Tengah. Mari kita saling memaafkan dan berdoa agar kita bertemu di Ramadhan yang akan datang,” lanjut Bupati Baktiar Ahmad Sibarani.

Tahun 2021 ini, Zakat maal ASN Pemkab Tapteng yang dikelola oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupateng Tapteng mengumpulkan zakat maal dengan nilai Rp. 2,4 Milyar lebih .

Dan dibagikan kepada 11.454 orang yang mustahaq (yang berhak menerima,red) di seluruh Kabupaten Tapanuli Tengah dengan perincian 11.016 orang fakir miskin, 143 orang Muallaf dan 295 Fisabilillah. Besaran zakat yang diterima oleh penerima senilai Rp. 400.000 / orang.

 

 

Wakil Ketua DPRD Tapteng, Willy Silitonga dan Anggota DPRD Imam Simatupang serahkan zakat ASN ke perwakilan Mustahaq

Turut hadir saat penyerahan zakat ini, Ketua DPRD Tapteng Khairul Kiyedy Pasaribu, Waket DPRD Tapteng, Willy Saputra Silitonga SH, Anggota DPRD Tapteng, Camat Barus, Kepala Desa dan Ketua serta Pengurus Baznas Tapteng.

Sebagai catatan, selama masa pemerintahan Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Wakil Bupati Darwin Sitompul, Pemkab Tapteng telah menyalurkan 4 (empat) kali Zakal Maal ASN .

Pengumpulan Zakat Maal ASN ini dikelola langsung oleh BAZNAS Kabupaten Tapanuli Tengah.

Baznas ini baru terbentuk tahun 2018, sebelumnya Badan Amil Zakat Daerah (BAZDA), tapi tidak berkembang. Namun setelah Bupati dan Wakil Bupati Tapanuli Tengah dijabat oleh Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Darwin Sitompul, maka dibentuklah Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di Kabupaten Tapanuli Tengah untuk mengambil dan mengumpul zakat, terutama dari para Aparatur Sipil Negara (ASN).

Semenjak Baznas terbentuk, Zakat Maal ASN yang berhasil dikumpulkan dan disalurkan kembali mengalami peningkatan signifikan baik dari nilainya maupun jumlah penerima . (Agus Tanjung)

1 Likes

Author: Administrator

Pimpinan Umum 1MINUTESNEWS.COM (1MNC)

Tinggalkan Balasan