Vaksinasi Covid-19 ke TNI-Polri Telah Dilaksanakan Dinkes Tapanuli Tengah

Kadis Kesehatan Tapteng Hj. Nursyam
Kadis Kesehatan Tapteng Hj. Nursyam
banner 468x60

1Minutesnews.com, Tapteng | Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani selaku Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) menginstruksikan Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Tapteng beserta jajaran untuk melaksanakan percepatan Vaksinasi Covid-19 sasaran tahap II atas Vaksin Sinovac (Coronavac) yang telah diterima dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Dinkes Provsu).

Hal ini disampaikan oleh Kadis Kesehatan Tapteng Hj. Nursyam, S.K.M, M.Kes di Dinkes Tapteng, Senin (15/03/2021) sore.

Bacaan Lainnya

banner 300250

“Bupati Tapanuli Tengah, Bapak Bakhtiar Ahmad Sibarani telah menginstruksikan Dinkes untuk secepatnya berkoordinasi dan melaksanakan Vaksinasi Covid-19 kepada sasaran yang telah ditentukan untuk vaksinasi tahap II, yaitu jajaran TNI-POLRI, DPRD, dan pelayanan publik. Hal ini dimaksudkan untuk mempercepat penanganan Covid-19 di Kabupaten Tapanuli Tengah,” kata Kadis Kesehatan Tapteng, Hj. Nursyam, S.K.M, M.Kes.

Vaksinasi Covid 19 ke Personil Kepolisian
Vaksinasi Covid 19 ke Personil Kepolisian

“Sasaran vaksinasi tahap II di Kabupaten Tapanuli Tengah terdaftar sebanyak 28.293 orang namun saat ini sasaran Vaksinasi Covid-19 tahap II termin I ditetapkan sekitar 1.577 orang. Pada tanggal 8 – 10 Maret 2021, kita melakukan vaksinasi kepada jajaran Polres Tapanuli Tengah di Aula Mapolres Tapanuli Tengah. Selanjutnya, tanggal 10 Maret 2021 kita lakukan vaksinasi kepada jajaran TNI AL di Poliklinik Lanal Sibolga. Tanggal 12 – 13 Maret 2021, kita lakukan vaksinasi kepada jajaran TNI AD, yaitu Kodim 0211/TT dan Denpom 1/2 Sibolga di Aula Makodim 0211/TT. Kemudian, kita juga lakukan vaksinasi Covid-19 kepada jajaran TNI AU di Aula Sat Radar 234/Tapanuli Tengah pada hari Senin 15 Maret 2021,” ungkap Kadis Kesehatan Tapteng Hj. Nursyam, S.K.M, M.Kes.

“Vaksinasi Covid-19 kepada jajaran Satpol PP Kabupaten Tapanuli Tengah akan kita laksanakan besok, 16 – 17 Maret 2021, dilanjutkan dengan sasaran lainnya. Kami berterima kasih kepada Bapak Bupati Tapanuli Tengah, yang telah banyak membantu dan memberikan dukungan semangat dalam pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 ini sehingga dapat berjalan dengan lancar,” lanjut Kadis Kesehatan Tapteng.

Kadis Kesehatan Tapteng, Hj. Nursyam, S.K.M, M.Kes juga menjelaskan bahwa Vaksinasi Covid-19 ini akan menyasar masyarakat Kabupaten Tapanuli Tengah minimal 70% dari seluruh sasaran untuk menghasilkan kekebalan komunitas (herd immunity), sebagai upaya penanggulangan pandemi Covid-19 di Indonesia, khususnya di Kabupaten Tapanuli Tengah. Ini merupakan program Pemerintah yang harus kita berhasilkan. Terkait waktu pelaksanaan vaksinasi selanjutnya dan penyediaan Vaksin Covid-19, Dinkes Tapteng intens berkoordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 Provsu melalui Dinas Kesehatan Provsu.

Vaksinasi Covid 19 ke Personil TNI
Vaksinasi Covid 19 ke Personil TNI

“Mari bersama-sama kita berhasilkan Vaksinasi Covid-19 ini di Kabupaten Tapanuli Tengah. Jangan khawatir dan takut untuk divaksin. Pemerintah terus berupaya dalam memberikan solusi terbaik kepada masyarakat, seperti halnya vaksinasi ini untuk kita bersama-sama dapat keluar dari pandemi Covid-19,” tutur Kadis Kesehatan Tapteng.

Selanjutnya, Kabid P2P Dinkes Tapteng, Ewiya Laily, S.K.M, M.Kes menjelaskah bahwa Vaksinasi Covid-19 tahap II ini telah dilakukan kepada jajaran Polres Tapteng sebanyak 304 orang, jajaran Lanal Sibolga sebanyak 84 orang, jajaran Kodim 0211/TT dan Denpom 1/2 Sibolga sebanyak 220 orang, serta jajaran Sat Radar 234 Tapanuli Tengah sebanyak 50 orang.

Disebutkannya bahwa dalam proses pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 ini ada 4 tahapan yang dilakukan, yaitu di meja pertama untuk pendaftaran dan verifikasi, di meja kedua dilakukan screening atau pemeriksaan kesehatan untuk menentukan apakah layak divaksin atau tidak, di meja ketiga pelaksanaan vaksinasi Covid-19, dan di meja keempat dilakukan pencatatan dan observasi, minimal 30 menit pasca divaksinasi.

Vaksinasi Covid-19 tahap II ini dilaksanakan oleh Tenaga Kesehatan Dinkes Tapteng bersama jajaran Puskesmas dan Tenaga Kesehatan TNI-POLRI. (Agus Tanjung)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan