Bangun Potensi Perikanan , Bupati Tapteng dan Wali Kota Sibolga Temui Menteri KP-RI

  • Bagikan
Wali Kota Sibolga H. Jamaluddin Pohan (Kiri), Menteri KP-RI Ir. Sakti Wahyu Trenggono, MM (Tengah) dan Bupati Tapteng Bakhtiar A Sibarani (Kanan)
Wali Kota Sibolga H. Jamaluddin Pohan (Kiri), Menteri KP-RI Ir. Sakti Wahyu Trenggono, MM (Tengah) dan Bupati Tapteng Bakhtiar A Sibarani (Kanan)

1Minutesnews.com, SIBOLGA | Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Wali Kota Sibolga H. Jamaluddin Pohan menemui dan berkordinasi dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (Menteri KP RI) Ir. Sakti Wahyu Trenggono, MM, di Kanotr Kementerian KP-RI Jalan Merdeka Timur No. 16 Jakarta.

Kedatangan ke dua pemimpin daerah yang berdampingan ke Kementerian KP-RI hari Senin (22/03/21) sore untuk melakukan kordinasi dengan kementerian demi kemajuan sector perikanan di ke dua daerah.

Turut mendampingi ke dua Kepala Daerah ini , Tokoh Muda Nasional asal Sibolga-Tapteng Dr. Dahnil Anzar Simanjuntak,

Dihadapan Menteri Ir. Sakti Wahyu, Wali Kota dan Bupati mengekspose potensi perikanan serta keindahan kawasan laut Sibolga-Tapteng.

Bangun Potensi Perikanan , Bupati Tapteng dan Wali Kota Sibolga Temui Menteri KP-RI
Bangun Potensi Perikanan , Bupati Tapteng dan Wali Kota Sibolga Temui Menteri KP-RI

Pada kesempatan ini, Wali Kota dan Bupati juga bermohon perhatian untuk percepatan pembangunan sektor perikanan dan kelautan Sibolga dan Tapteng kepada Menteri KP, sekaligus mengundang Menteri KP untuk berkunjung ke Sibolga-Tapteng, melihat langsung potensi perikanan dan keindahan kelautan yang dipaparkan.

Secara khusus, Wali Kota dan Bupati bermohon solusi percepatan pengurusan Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI), yang saat ini menjadi polemik penyebab terkendala melaut, bagi nelayan di Sibolga-Tapteng serta beberapa daerah lainnya di kepulauan Sumatera.

Atas beberapa hal yang disampaikan Wali Kota dan Bupati, Menteri KP berjanji akan melakukan kajian ulang tentang perizinan yang bermasalah, serta berjanji akan berkunjung langsung ke Sibolga-Tapteng untuk meninjau potensi yang ada. Dalam pertemuan, Menteri KP langsung meminta protokoler untuk menjadwalkan kunjungan ke Sibolga-Tapteng.

Menteri KP secara khusus berharap kepada Wali Kota dan Bupati, untuk mengembangkan budidaya perikanan, solusi untuk mengatasi ketergantungan dari hasil alami laut. Serta berharap terus meningkatkan program asuransi nelayan. Sebagai langkah efektif dan bermanfaat bagi nelayan dalam hal jaminan kesehatan dan keselamatan jiwa nelayan.

Turut hadir mendampingi Wali Kota dan Bupati pada kegiatan ini, Ketua DPRD Kota Sibolga Akhmad Syukri Nazry Penarik, Wakil Ketua DPRD Tapteng Willy Silitonga, Anggota DPRD Kota Sibolga Obbi Putra Hutagaol, SE dan Andika Pribadi Waruwu, SH, M.Hum, dan Asisten II Pemko Sibolga Hendra Darmalius, A.Pi.

Sebelumnya saat Rapat Paripurna DPRD Hasil Reses I, Wali Kota Sibolga H. Jamaluddin Pohan secara khusus menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani.

Baca Juga : Wali Kota Sibolga Jamaluddin Pohan Berterimakasih Kepada Bupati Tapteng, Ini Alasannya

“ Saya sampaikan terima kasih kepada Bupati Tapanuli Tengah yang telah memberikan solusi kepada Pemerintahan Kota Sibolga untuk mencari sumber pendanaan pembangunan di masa pandemic Covid-19 ini, “ kata Wali Kota Sibolga Jamuluddin Pohan saat memberikan kata sambutan di Rapat Paripurna DPRD Kota Sibolga, hari Kamis (19/03/2021)

“Menyadari DAU Kota Sibolga, tidak mampu untuk mengakomodir kebutuhan pembangunan. Kami telah diajak oleh Pak Bupati Tapteng ke Jakarta untuk mencari sumber dana pembangunan dari DAK (Dana Alokasi Khusus). Alhamdullilah berhasil, Insya Allah, hari Senin depan kami akan ke Jakarta memenuhi undangan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, “ lanjut Wali Kota Jamaluddin Pohan. (Rel/Agus Tanjung)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan