Pemkab Tapteng Ikuti Rapat Sosialisasi Pedoman Pemetaan Urusan Pemerintahan Dalam Rangka Kerja Sama Daerah

Pemkab Tapteng Ikuti Rapat Sosialisasi Pedoman Pemetaan Urusan Pemerintahan Dalam Rangka Kerja Sama Daerah
Pemkab Tapteng Ikuti Rapat Sosialisasi Pedoman Pemetaan Urusan Pemerintahan Dalam Rangka Kerja Sama Daerah
banner 468x60

1Minutesnews.com, Tapteng | Pemerintah Kabupaten  (Pemkab)Tapanuli Tengah melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) mengikuti Rapat Sosialisasi Pedoman Pemetaan Urusan Pemerintahan dalam rangka Kerja Sama Daerah, yang digelar secara virtual melalui video conference (vidcon) oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Bina Adwil) Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri) pada Senin (15/02/2021).

Kepala Bappeda Tapteng, Anton Sujarwo B., S.STP, MM diwakili oleh Sekretaris Budi Basa Siregar, SP, ME mengikuti rapat sosialisasi ini di Ruang Rapat Mini Bappeda Tapteng. Rapat sosialisasi secara virtual ini juga diikuti oleh Pemerintah Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Kepri, beserta Pemerintah Kabupaten/Kota di 4 provinsi tersebut.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Direktur Dekonsentrasi, Tugas Pembantuan dan Kerja Sama Ditjen Bina Adwil Kemendagri, Dra. Nita Efrilliana, M.dev.Plg menyampaikan materi Pedoman Pemetaan Urusan Pemerintahan Dalam Rangka Kerja Sama Daerah mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 22 Tahun 2020 tentang Kerja Sama Daerah Dengan Daerah Lain Dan Kerja Sama Daerah Dengan Pihak Ketiga, khususnya pada Pasal 5 terkait identifikasi dan pemetaan urusan pemerintahan.

Selain itu, dasar hukum yang menjadi acuan pemetaan urusan pemerintahan dalam rangka kerja sama daerah ini mengacu pada Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2018 tentang Kerja Sama Daerah, dan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017.

Melalui rapat sosialisasi ini, keluaran yang diharapkan adalah adanya daftar rencana program dan kegiatan dari setiap urusan pemerintahan yang akan dikerjasamakan, Keputusan Kepala Daerah tentang daftar rencana program dan kegiatan kerja sama daerah, serta dokumen hasil pemetaan yang menjadi bahan rancangan yang akan diintegrasikan ke dalam dokumen perencanaan daerah untuk selanjutnya dibahas dalam perencanaan daerah.’

Turut hadir pada rapat secara virtual itu, jajaran Bappeda Tapteng. (Agus Tanjung)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan