12 Ribu Personil di Sebar ,Kapolda Sumut Ultimatum Perusuh di Pilkada

Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin bersama Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Hassanudin
Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin bersama Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Hassanudin
banner 468x60

1Minutesnews.com, MEDAN  I Kapolda dan Pangdam I/Bukit Barisan memimpin apel pagi patroli kesiapsiagaan pengamanan Pilkada Serentak 2020 di Sumatera Utara, di Jalan Pengadilan, Medan, Selasa (8/12/2020).

Sejumlah aparat Polri/TNI memenuhi sepanjang jalan di depan kantor Pengadilan Negeri Medan dan Kantor Kodam militer I/Bukit Baris Komando Distrik Militer 0201/BS. Terlihat ratusan motor trail yang dikendarai anggota Tentara/polisi terparkir dan patroli dari pihak kepolisian dan tentara berbaris memenuhi jalan. Selain itu, ada juga mobil patroli, korps Brimob, Pendam I/BB, Provos.

Bacaan Lainnya
banner 300250

Irjen Martuani Sormin Siregar menyebutkan patroli dilakukan untuk menyongsong pesta demokrasi dimana Sumut sebagai daerah terbanyak di 23 daerah. “Patroli ini dimaksudkan untuk memberikan tertiban di kota Medan dalam menyongsong pesta demokrasi. Mengingat juga Sumut adalah daerah paling banyak mengadakan pilkada serentak di 23 kabupaten/kota,” jelasnyanya.

Kapolda menegaskan bahwa Polri dan TNI akan melakukan tindakan tegas kepada setiap orang yang menghalangi proses pesta Demokrasi. “Siapapun yang menghalangi masyarakat dalam melaksanakan hak pilih maka akan kita tindak tegas,” ungkapnya. Martuani menyebutkan bahwa sudah menyiapkan hingga 12 ribu personil di 6,5 ribu TPS.

“Saya tambahkan seluruh personel polri 12.000 yang dilibatkan kami dibackup oleh Kodam I bukit barisan dengan jajaran Korem, Kodim itu hampir 6.500 personel dan sudah digeser ke TPS untuk melaksanakan pengamanan. Yang paling jauh di Nias Selatan sudah berangkat hari Sabtu kemarin,” tuturnya. Ia menyebutkan rangka pelaksanaan minggu tenang pihak aparat kepolisian harus mengawal ketertiban untuk menyakinkan masyarakat Sumatera Utara.

Mantan Kapolda Papua ini juga kejadian FPI yang terjadi di Jakarta tidak berdampak ke Kota Medan. “Kita juga berharap situasi yang di Jakarta tidak berdampak ke Medan. Kami mengimbau kepada masyarakat percayalah dan patuh kepada hukum dan taat kepada aturan mudah-mudahan tidak berdampak,” tegasnya. Martuani juga menyebutkan bahwa siapapun yang terpilih adalah putra-putri terbaik bangsa.

“Dengan kesiapsiagaan Kodam I BB dan Polda Sumut kita pasti dapat mengamankan pesta demokrasi. Siapapun kepala daerah yang terpilih nantinya adalah putra-putri terbaik daerah,” pungkasnya. Ia pun menghimbau agar penyelenggaraan pilkada kota Medan ke depan dapat mematuhi protokol kesehatan. Senada, Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Hassanudin bahwa pihaknya akan bersinergi untuk menyukseskan jalannya Pilkada serentak. “Apapun yang kita hadapi, semoga kita selalu bersinergi sehingga tugas pokok yang kita lakukan adalah ibadah bagi kita. Tetap sema

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan