Mantan Bupati Bonaran Situmeang Kembali Divonis 2,8 Tahun

  • Whatsapp
Terdakwa-Mantan-Bupati-Tapteng-Raja-Bonaran-Situmeang-saat-memberikan-keterangan-pers-usai-Sidang-Pembacaan-Tuntutan-di-PN.-Sibolga-hari-Senin-27-Mei-2019
Terdakwa-Mantan-Bupati-Tapteng-Raja-Bonaran-Situmeang-saat-memberikan-keterangan-pers-usai-Sidang-Pembacaan-Tuntutan-di-PN.-Sibolga-hari-Senin-27-Mei-2019

1Minutesnews.com, Tapteng | Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Sibolga menjatuhkan vonis 2 Tahun 8 Bulan kepada mantan Bupati Tapanuli Tengah Raja Bonaran Situmeang, SH dalam kasus penipuan. Pembacaan Amar Putusan dilaksanakan di Ruang Sidang Cakra, PN. Sibolga, hari Kamis (08/10/2020) sekira pukul 14.30 WIB.

Kepastian kembalinya mantan Bupati Tapteng Raja Bonaran Situmeang dijatuhkan hukuman diketahui dari Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) PN. Sibolga.

Bacaan Lainnya

Sesuai upload data di SIPP PN. Sibolga diketahui kasus yang membelit Raja Bonaran Situmeang terigister dengan nomor perkara 42/Pid.B/2020/PN Sbg tertanggal 20 Januari 2020.

Dari penelusuran redaksi 1Minutesnews.com di SIPP PN Sibolga, diketahui kasus Raja Bonaran Situmeang di Sidang pertama sekali tanggal 28 Januari 2020 dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Syahkrul Effendi Harahap, SH,MH dari Kejaksaan Negeri Sibolga dan Majelis Hakim Obaja David Jefri Hamonangan Sitorus sebagai Ketua.

Sementara kasus ini diketahui, dilaporkan Efendi Marpaung dengan dugaan kerugian senilai Rp. 500 juta.

Selanjutnya, tanggal 23 Juni 2020 PN Sibolga menetapkan kembali komposisi Majelis Hakim yang menyidangkan kasus Raja Bonaran Situmeang adalah Gabe Dorris Mora Boru Saragih sebagai Hakim Ketua di dampingi Tetty Siskha dan Frans Martin Sihotang.

Dalam dakwaan JPU Syahkrul E Harahap yang dibacakan tanggal 28 Januari 2020 di Ruang Sidang Cakra, terdakwa Raja Bonaran Situmeang di dakwa dengan dua pasal dakwaan yakni Pasal 3 UU RI No. 8 tahun 2010 Tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang dan Pasal 378 dari KUHPidana Tentang Penipuan.

Tangkapan Layar SIPP PN Sibolga dalam kasus Raja Bonaran Situmeang
Tangkapan Layar SIPP PN Sibolga dalam kasus Raja Bonaran Situmeang

Dalam dakwaan ke Satu , JPU Syakhrul E Harahap menjelaskan terdakwa RAJA BONARAN SITUMEANG, SH., M.Hum pada hari Minggu tanggal 19 Februari 2012 atau setidak-tidaknya pada waktu tertentu pada bulan Februari tahun 2012, bertempat dirumah Dinas Bupati Tapanuli Tengah di Jl.Kapten M. Sitorus Kec. Sibolga Utara Kota Sibolga, atau setidak-tidaknya pada suatu tempat lain yang masih termasuk dalam daerah hukum pengadilan Negeri Sibolga, “Setiap orang yang menempatkan, mentransfer, mengalihkan , membelanjakan, membayarkan ,menghibahkan ,menitipkan, membawa ke luar negeri, mengubah bentuk,menukarkan dengan mata uang atau surat berharga atau perbuatan lain, atas harta kekayaan yang diketahuinya atau patut diduganya merupakan hasil tidak pidana”, perbuatan mana dilakukan terdakwa dengan cara sebagai berikut:

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan