Biayai 10 Proyek Jalan, Bupati Tapteng Berhasil Tarik Dana Rp. 110,6 Milyar dari PT MSI

  • Whatsapp
Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani

1Minutesnews.com, Tapteng | Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani berhasil memperoleh kepercayaan dari Pemerintah Pusat dengan diberikannya pinjaman senilai Rp. 110.600.000.000 (seratus sepuluh milyar enam ratus juta rupiah) dari PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) disingkat PT. SMI.

Pinjaman ini diajukan untuk membiayai pembangunan 10 (sepuluh) proyek pembangunan insfrastruktur jalan yang tersebar di berbagai kecamatan yang ada di Kabupaten Tapanuli Tengah.

Bacaan Lainnya

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tapanuli Tengah Basyri Nasution, SP membenarkan hal ini saat melakukan konfrensi pers hari, Kamis (08/10/2020).

“ Benar, Pemkab Tapteng telah disetujui menerima pinjaman untuk pembiayaan 10 proyek insfrastruktur jalan dengan aspal hotmix dari PT. SMI yang diajukan oleh Pak Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani beberapa waktu yang lalu, “ jelas Basyri Nasution di ruang kerjanya Kantor Bappeda Tapanuli Tengah.

Basyri menjelaskan, Pemkab Tapteng satu-satunya di Sumatera Utara yang berhasil mendapatkan pinjaman dari PT. MSI.

“ Alhamdullilah kabupaten Tapanuli Tengah jadi satu-satunya yang dipercaya oleh Pemerintah Pusat khususnya Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Keuangan yang memperoleh pinjaman dari PT. MSI. Awalnya diajukan senilai Rp. 250 Milyar, tetapi sesuai dengan sisa masa jabatan Bupati hingga tahun 2022 disetujui sebesar Rp. 110,6 Milyar, “ jelas Basyiri.

Kepala Bappeda Tapteng Basyiri Nasution
Kepala Bappeda Tapteng Basyiri Nasution

Menurutnya, pinjaman dari PT. MSI yang merupakan BUMN di bawah naungan Kementerian Keuangan RI lebih menguntungkan.

“ Bunga pinjamannya jauh lebih kecil dari bunga bank. Dana tersebut akan ditransfer secara bertahap dan akan masuk ke kas daerah. Dalam waktu 2 (dua) hari dana yang masuk harus ditransferkan ke pihak rekanan dalam artian tidak diperbolehkan mengendap atau ditransfer kerekening 001, “ tegas Basyiri.

Sementara pengembalian pinjaman ini akan dibayarkan dengan mengalokasikannya di APBD Tapteng tahun 2021 dan Tahun 2022.

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan