Program RTLH di Tapteng Sejak Tahun 2017, Basyiri : Sudah 668 Unit

  • Whatsapp
Kepala Bappeda Tapteng Basyri Nasution, SP
Kepala Bappeda Tapteng Basyri Nasution, SP

1Minutesnews.com, Tapteng | Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tapanuli Tengah, Basyri Nasution, SP mengungkapkan, dalam kurun waktu 3 (tiga) tahun di masa kepemimpinan Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Wabup Darwin Sitompul, 668 unit rumah teralokasikan masuk Program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) untuk mendapatkan bantuan maupun sudah dibangun.

Salah satu rumah yang mendapatkan Program RTLH sebelum di bangun
Salah satu rumah yang mendapatkan Program RTLH sebelum di bangun

Hal ini diungkapkan Basyri Nasution menanggapi adanya rumor masyarakat yang menyebutkan bahwa Program RTLH ini digelontorkan hanya sebagai pencitraan dikarenakan masa jabatan Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Wabup Darwin Sitompul hampir habis jelang tahun 2022.

Bacaan Lainnya

“ Itu tidak benar. Program RTLH ini sudah tertuang di RPJMD dalam Visi dan Misi Bupati Tapanuli Tengah untuk lima tahun, “ tegas Basyiri, hari Kamis (10/09/2020) saat ditemui di ruang kerjanya Kantor Bappeda Tapteng, Jalan Feisal Tanjung , Kecamatan Pandan.

Menurutnya, RPJMD ( Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) merupakan dokumen perencanaan pembangunan daerah untuk jangka periode selama 5 ( lima ) tahunan yang berisi penjabaran dari visi , misi , dan program kepala daerah dengan berpedoman pada RPJP Daerah serta memperhatikan RPJM Nasional.

“ Di Misi ke 10 Bupati Tapteng tertulis terwujudnya rumah sehat bagi warga miskin dan santunan kematian bagi masyarakat Kabupaten Tapanuli Tengah. Kami (Bappeda Tapteng, red) menjabarkan ini sebagai indikator Program Rumah Layak Huni bagi keluarga tidak mampu (miskin), red, “ beber Basyiri.

Proses Pembangunan rumah warga yang memperoleh Program RTLH di Tapteng
Proses Pembangunan rumah warga yang memperoleh Program RTLH di Tapteng

RPJMD harus erat kaitannya dengan proses penetapan kearah mana daerah akan diarahkan pengembangannya dan apa yang hendak dicapai dalam 5 tahun mendatang , bagaimana mencapainya , dan langkah-langkah strategis apa yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan.

“ Saat penyusunan RPJMD , Bappeda juga perlu proses konsultasi dengan Kepala Daerah Terpilih dan DPRD. Nah.. saat menjabarkan Visi dan Misi, Pak Bupati dan DPRD sepakat untuk mengupayakan tercapainya rumah layak huni di Kabupten Tapanuli Tengah, “ beber Basyir Nasution.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *