Sunardi di Tapteng, Syarfi di Sibolga, Ini Tanggapan Tokoh Golkar

  • Whatsapp
Sunardi Pohan dan Syarfi Hutauruk
Sunardi Pohan dan Syarfi Hutauruk

1Minutesnews, Tapteng | Musyawarah Daerah (Musda) Partai Golkar ke X di Kabupaten Tapanuli Tengah dan Kota Sibolga berakhir dengan terpilihnya Ketua DPD Partai Golkar Periode 2020-2025.

Selain memilih dan menetapkan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar , di Musda juga dipilih dan ditetapkan Ketua Dewan Pertimbangan (Ketua Wantim) DPD Partai Golkar, hal ini sesuai dengan Anggaran Dasar (AD) Bab XI Pasal 26 tentang Dewan Pertimbangan.

Bacaan Lainnya

Sesuai dengan prediksi semua orang, untuk Kota Sibolga, Jamil Zeb Tumori terpilih kembali sebagai Ketua DPD Partai Golkar Sibolga melalui Musda Ke X yang digelar hari Kamis (27/08/2020) di Gedung Islamic Center Kota Sibolga.

Sementara, di Kabupaten Tapteng, DPD Partai Golkar menggelar Musda Ke X hari Minggu (30/08/2020) di Pantai Hollywood Pandan Kecamatan Pandan, Tapteng , hasilnya Mahjuddin Bondar terpilih dan ditetapkan sebagai Ketua DPD Partai Golkar Tapteng Periode 2020-2025.

Yang menarik di Musda ke dua daerah ini adalah dua sosok yang terpilih menjadi Ketua Wantim Golkar.

Walaupun merupakan wilayah bertetangga, tetapi di sisi politik ternyata berbeda pandangan khususnya di kader Golkarnya sendiri dalam memilih Ketua Wantimnya.

Di Sibolga, dengan 4 (Empat) Pimpinan Kecamatan (PK), Ketua Wantimnya diamanahkan kepada senior serta mantan Anggota DPRI dan masih menjabat sebagai Wali Kota Sibolga Drs. Syarfi Hutauruk.

Sementara, di Kabupaten Tapteng dengan 20 (dua puluh ) Pimpinan Kecamatan , terpilih Sunardi Pohan yang karir politiknya masih terbilang baru dan namanya jarang menjadi sorotan publik.

Sunardi Pohan dari faktor usia juga masih tergolong muda di banding Syarfi Hutauruk.

Terkait terpilihnya Ketua Wantim ini, dua sosok Tokoh Golkar memberikan pandangan politiknya atas terpilihnya Ketua Wantim Golkar ini.

Ketua terpilih Partai Golkar Kota Sibolga Jamil Zeb Tumori yang karir politiknya berawal dari “ akar rumput” memilih Drs. Syarfi Hutauruk sebagai Ketua Wantim DPD Golkar Sibolga lebih terkesan menghormati kesenioritasan sosok ini.

Selain itu, Jamil juga beralasan dengan terpilihnya Syarfi Hutauruk, sosok ini kembali ke “ Pangkuan” naungan “Pohon Beringin “ yang diistilah kan Jamil, pernah dipersimpangan.

“ Meskipun selama ini belia agak tenang dan berada dipersimpangan, dengan ditetapkannya Drs. Syarfii Hutauruk sebagai Ketua Wantim, bisa kembali ke rumah besar Golkar. Ini merupakan penghormatan diakhir jabatannya dan juga sebagai penghormatan sebagai senior golkar, “ jelas Jamil Zeb Tumori hari Jumat (28/08/2020) kepada 1Minutesnew.com.

Sementara, Ketua terpilih Partai Golkar Tapteng Mahjuddin Bondar belum berhasil dikonfirmasi atas alasannya memilih Sunardi Pohan sebagai Ketua Wantim Partai Golkar Tapteng.

Redaksi 1Minutesnews.com meminta tanggapan dari Tokoh dan Senior Golkar yang cukup dikenal dan diakui darahnya “ kuning” sejak mulai berpolitik hingga saat ini.

Tokoh ini adalah Syahlul Situmeang, mantan Ketua DPRD Kota Sibolga dan Mantan Ketua DPD Partai Golkar Sibolga serta pernah mengisi kepengurusan di DPD Partai Golkar Sumut.

Kepada redaksi Syahlul mengaku terpilihnya Sunardi Pohan sebagai Ketua Wantim Golkar Tapteng merupakan pilihan yang tepat.

Syahlul Situmeang
Syahlul Situmeang

“ Sangat tepat menurut saya. Sosok Sunardi Pohan ini walaupun masih tergolong muda di Golkar tetapi di organisasi baik kepemudaan maupun kemasyarakatan sangat bisa diandalkan, “ kata Syahlul hari Senin (31/08/2020).

Selain itu, Syahlul menilai sosok Sunardi Pohan yang tenang dan merupakan pengusaha sukses bisa memberikan masukan dan pertimbangan kepada Ketua dan Pengurus DPD Golkar dalam membesarkan Partai Golkar di Tapteng.

“ Sunardi itu low profile, makanya tidak pernah saya dengar ada lawan politiknya. Selain pengalaman organisasi, Sunardi juga pengusaha sukses cocok dengan Ketua terpilih yang juga merupakan pengusaha sukses. Ini sangat diperlukan dalam mengambil keputusan dan kebijakan politik partai golkar. Seorang pengusaha itu, penuh perhitungan dan pertimbangan dalam mengambil suatu keputusan yang tepat, “ jelas Syahlul.

Masih kata Syahlul, “ Golkar itu bukan berada dioposisi pemerintah. Dengan duet Mahjuddin Bondar dan Sunardi, Saya yakin Partai Golkar Tapteng bisa bersinergi dengan pemerintah dalam membangun Tapteng . Tentunya, hal ini akan memberikan “ darah segar “ kepada kader golkar. Saya optimis ke depannya. Wakil Golkar di Tapteng akan bertambah dengan duet kedua sosok ini, ‘ lanjut Syahlul.

Saat diminta tanggapannya terkait Ketua Wantim Golkar Sibolga, Drs. Syarfii Hutauru, Syahlu tidak berkomentar banyak.

“ Di luar prediksi saya. Yang penting itu kan pilihan pemilik suara saat Musda dan telah disyahkan, “ jawab Syahlul singkat.

Untuk diketahui sesuai Anggaran Desa (AD) pasal 26.

Partai GOLKAR memiliki Dewan Pertimbangan yang berfungsi memberi saran, nasehat, dan pertimbangan kepada Dewan Pimpinan/Pimpinan Partai GOLKAR sesuai dengan tingkatannya;
Dewan Pertimbangan memberi saran, nasehat, dan pertimbangan atas kebijakan-kebijakan organisasi yang bersifat strategis, baik internal maupun eksternal, yang akan ditetapkan oleh Dewan Pimpinan/Pimpinan Partai sesuai dengan tingkatannya.

Saran, nasehat, dan pertimbangan yang disampaikan Dewan Pertimbangan sebagaimana yang dimaksud ayat (1) dan ayat (2) diperhatikan sungguh-sungguh oleh Dewan Pimpinan/Pimpinan Partai sesuai tingkatannya;
Ketua Dewan Pertimbangan ditetapkan oleh MUNAS, MUSDA, MUSCAM, dan MUSDES/MUSLUR melalui Tim Formatur. (Agus Tanjung)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan