Gedung Coldstorage PT HLS Berbiayai Rp 22 Milyar Diresmikan Bupati Tapteng

  • Whatsapp
Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani, disambut Pengelola PT. HSL, Pantas Lumbantobing dan Rusdi di iringi Tarian Baronsai saat Peresmian Gedung Coldstorage
Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani, disambut Pengelola PT. HSL, Pantas Lumbantobing dan Rusdi di iringi Tarian Baronsai saat Peresmian Gedung Coldstorage

1Minutesnews.com, SIBOLGA | Ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita, Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Bakhtiar Ahmad Sibarani meresmikan gedung Coldstorage PT. Hasil Laut Sibolga (HLS) berbiaya Rp. 22 Milyar yang berada di Pondok Batu, Kecamatan Sarudik, Kabupaten Tapteng, Senin (3/8).

Bupati menyampaikan apresiasi dan mengharapkan dengan diresmikannya gedung Coldstorage ini, dapat memberikan manfaat yang besar bagi usaha kelautan dan perikanan di Tapteng dan Sibolga, serta meningkatkan daya saing produk perikanan.

“Atas nama pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah saya menyambut baik PT. HLS . Mudah-mudahan usaha ini ,menguntungkan bagi semua pihak serta bagi warga yang berada di sekitar perusahaan ini,” kata Bupati.

Bupati Tapteng Bakhtiar Sibarani didampingi Waket DPRD Willy Silitonga dan Pihak Pengelola  PT. HSL menandatangani Prasasti Peresmian Gedung Coldstorage
Bupati Tapteng Bakhtiar Sibarani didampingi Waket DPRD Willy Silitonga dan Pihak Pengelola PT. HSL menandatangani Prasasti Peresmian Gedung Coldstorage

Bupati Bakhtiar Sibarani juga meminta pihak PT. HLS agar mengutamakan putra dan putri asli Sibolga-Tapteng yang berkerja di perusahaan tersebut. Hal ini guna mengurangi tingkat pengangguran di dua daerah itu.

Dalam rombongan Bupati Bakhtiar Sibarani turut serta Wakil Ketua DPRD Tapteng Willy Silitonga, Kadis Perizinan Tapteng, Camat Sarudik dan Lurah.

Sementara, Rusdi dan Pantas Lumbantobing selaku pihak pengelola mengaku, gedung pendingin berkapasitas 1.000 ton tersebut dibangun dengan menghabiskan anggaran sebesar Rp22 milyar.

Pantas menyebut, pembangunan Coldstorage ini dilakukan mengingat kawasan pantai barat Sumatera merupakan daerah yang potensial di bidang kelautan dan perikanan. Bahkan, Sibolga dan Tapteng kini menjadi poros perikanan yang ada di wilayah pantai barat Sumut.

Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani saat meninjau ruang pendingi Coldstorage milik PT. ASL
Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani saat meninjau ruang pendingi Coldstorage milik PT. ASL

Kata Pantas, apresiasi kepada Bupati Tapteng, yang ikut mendorong berkembangnya usaha perikanan di daerah itu. Hal ini terbukti dengan rencana pembangunan pabrik es kapasitas 3.000 batang di Desa Mela, Kecamatan Tapian Nauli, Tapteng.

“Inilah bentuk dukungan bupati terhadap usaha perikanan di Sibolga-Tapteng. Apalagi melihat 1 tahun belakangan ini, banyak kapal-kapal perikanan kita yang kekurangan es batang,” ujar Pantas.

Sebelumnya, kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara Sibolga, Makasau menyebut, masa pandemi COVID-19, tidak terlalu mempengaruhi usaha perikanan.

“Jadi sampai dengan Juni kemarin, aktivitas produksi di PPN Sibolga sebanyak 13.000 ton, sebulan itu rata-rata 2.500 ton ikan masuk ke PPN. Sedangkan perputaran uangnya mencapai 2 Milyar lebih perhari,” sebutnya.

Acara ini dihadiri para pengusaha perikanan yang ada di Sibolga-Tapanuli Tengah termasuk Jamaludin Pohan.(AST)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *