Derita Tumor Ganas, Janda Satu Anak di Sibolga Butuh Bantuan

  • Whatsapp
Derita Tumor Ganas, Anita Tarihoran butuh bantuan
Derita Tumor Ganas, Anita Tarihoran butuh bantuan

1Minutesnews.com, SIBOLGA | Anita Cahaya Rizki Tarihoran warga Jalan Jati Arah Laut Kelurahan Pancuran Dewa Kota Sibolga tepatnya di belakang Praktek dr. Saut , menderita penyakit Tumor Ganas.

Wanita yang berstatus janda dan berumur 31 tahun ini memiliki satu orang putri ini mengharapkan uluran tangan dari para dermawan.

Bacaan Lainnya

Pasalnya, penyakit tumor ganas yang menyerang bahagian kanan payudaranya makin membesar dan membuat wanita ini hanya bisa terbaring lemah di rumah kakaknya Putry Devi Tarihoran.

Himpitan ekonomi membuat Anita Boru Tarihoran hanya bisa pasrah. Teh manis dan sesekali susu menjadi asupan gizi untuk mempertahankan kondisi tubuhnya.

Saat didatangi media 1Minutesnews.com, Anita terlihat terbaring lemah hanya memakai sarung yang menutupi tubuh lemahnya.

“ Tolong Saya Pak ! Sakit…! Bagaimana nasib anak saya kalau terjadi apa-apa dengan saya Pak, “ ucap Anita, terlihat kelopak mata wanita ini berkaca-kaca menahan tangis, hari Minggu (09/08/2020) pukul 18.00 WIB.

Sementara seorang bocah perempuan berusia 8 tahun yang merupakan putri satu-satunya sesekali berusaha memeluk tubuh Anita. Alhasil, Wanita ini terlihat menahan sakit saat tubuh bocah kecil ini menyentuh bahagian tubuhnya yang diserang Tumor Ganas.

“ Ini anak saya Pak, ayahnya sudah tidak bersama kami lagi, pisah Pak, “ jelas Anita.

Bekerja sebagai Tukang Cuci di rumah tetangga merupakan mata pencaharian wanita ini untuk menghidupi dirinya dan anaknya. Tetapi, setelah Penyakit Tumor Ganas menyerang bahagian tubuhnya, kakak kandung yang juga seorang janda menjadi tempat bersandar wanita ini.

“ Awalnya tiga bulan lalu ada benjolan kecil Pak. Tetapi semakin lama semaki membesar dan sakit seperti ditusuk tusuk jarum di sini Pak, “ jelas Anita sambil memperlihatkan bahagian tubuhnya yang diserang Tumor Ganas.

Dirinya, mengetahui Penyakit ini usai menjalani perobatan di RSU Sibolga.

“ Saya sempat di rawat di RSU Sibolga selama dua hari Pak. Kata dokter saya menderita Penyakit Tumor Ganas dan harus di rujuk ke Medan, Pak, “ jelas Anita yang merupakan pemegang kartu BPJS Kesehatan Subsidi.

Sementara itu, Putry Devi Tarihoran selaku Kakak kandung mengaku sangat berharap adiknya di rujuk ke rumah sakit di Medan.

“ Ingin Pak, kata dokter di RSU Sibolga harus ditangani secepatnya di Medan. Di sini (RSU FL Tobing,red) tidak lengkap peralatannya, “ jelas Devi yang berprofesi sebagai penyanyi di hajatan pernikahan dan berstatus janda.

Kendala biaya menjadi pertimbangan yang sangat sulit bagi Anita dan Devi untuk mengikuti anjuran dokter.

“ Dari mana lah kami dapat biaya Pak. Ada memang sumbangan dari tetangga dan beberapa warga yang simpatik, tetapi habis untuk membeli obat Pak. Ini untuk berangkat ke Medan dari mana biaya kami, Pak. Kalau untuk biaya perobatan memang ditanggung BPJS, “ jelas Devi.

Dari Kiri, Herman Soni Saragih, Anita Tarihoran (Penderita Tumor)Ganas di dampingi Anak dan Kakak Kandung Putri Devi Tarihoran
Dari Kiri, Herman Soni Saragih, Anita Tarihoran (Penderita Tumor)Ganas di dampingi Anak dan Kakak Kandung Putri Devi Tarihoran

Putry Devi Tarihoran mengaku, kendala biaya merupakan pertimbangan berat untuk merujuk adiknya ke Medan. Selain harus menyiapkan biaya ambulance mereka juga harus menyiapkan biaya selama masa pengobatan di Medan.

“ Ambulance informasi yang saya terima tidak ditanggung Pak. Selain itu biaya hidup di Medan dari manalah kami peroleh Pak. Lain lagi obat-obatan di luar BPJS nantinya yang akan di beli. Tolonglah kami Pak, “ harap Putry Devi.

Anggota DPRD Kota Sibolga dari PKS Soni Saragih, mengaku telah meminta bantuan dari Dinas Sosial Kota Sibolga.

“ Dinas Sosial sudah menjanjikan akan memberikan dana pendamping pasien. Tetapi sistemnya, pihak keluarga yang mendahulukan,” jelas Soni Saragih yang mengaku telah berupaya semaksimal mungkin agar Anita Boru Tarihoran bisa di rujuk ke Kota Medan.

Jika pembaca atau dermawan tergerak hatinya untuk meringankan beban Anita Cahaya R boru Tarihoran agar secepatnya di rujuk ke Medan, bisa langsung mengantarkanya ke alamat yang disebut diatas.

Tetapi jika ada yang ingin langsung mengirimkan bantuan via rekening bisa di kirim ke Rekening BANK BRI Unit Sisingamangaraja , a/n Putri Devi Sri Rahayu Tarihoran, No Rek : 3535-01-031356-53-3 nomor 0822 7335 2548 yang merupakan kakak kandung Anita atau hubungi Herman Soni Saragih (Anggota DPRD Kota Sibolga dari PKS) di nomor 0812 2587 3606.

Untuk diketahui, Penyebab tumor payudara hingga saat ini belum diketahui secara pasti. Namun beberapa penyebabnya bisa terkait karena paparan radiasi, pemakaian kontrasepsi oral, faktor hormonal hingga gaya hidup.

Sebagian besar benjolan di payudara umumnya bukan kanker. Namun benjolan di payudara juga merupakan salah satu ciri kanker payudara. Gejala lainnya yang bisa dirasakan adalah keluarnya cairan dari puting, disertai perubahan warna kulit payudara, puting tertarik ke dalam, penurunan berat badan, atau benjolan di ketiak.

Untuk benar-benar mengetahui atau mendiagnosis benjolan yang terjadi, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. Biasanya dokter akan memeriksa kamu secara menyeluruh, seperti mamografi, USG payudara, dan lain sebagainya. Selain itu tindakan selanjutnya akan diberikan obat sesuai dengan benjolan tergantung dari penyebabnya. (AST)

Catatan Redaksi : Penampilan gambar seizin Anita Tarihoran dan Pihak Keluarga (Putri Devi Tarihoran)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *