Bupati Tapteng Bantu Wujudkan Keinginan Nita Tarihoran Anak Petani Yang Piatu Jadi Sarjana

  • Whatsapp
Nita Lamria Mariana Tarihoran, asal Desa Siantar CA Kecamatan Sosorgadong penerima beasiswa saat diwawancarai Bupati Bakhtiar Sibarani dihadapan Wabup Darwin Sitompul
Nita Lamria Mariana Tarihoran, asal Desa Siantar CA Kecamatan Sosorgadong penerima beasiswa saat diwawancarai Bupati Bakhtiar Sibarani dihadapan Wabup Darwin Sitompul

1Minutesnews.com, Tapteng | Tak bisa dibayangkan rasa haru dan syukur yang dialami Nita Lamria Mariana Tarihoran, asal Desa Siantar CA Kecamatan Sosorgadong ini. Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani mewujudkan keinginan remaja putri ditinggal ibundanya (Piatu) kuliah di Provinsi Kalimantan Tengah.

Nasib baik yang dialami Nita,putri seorang petani dan tergolong keluarga tidak mampu bermula saat kunjungan Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani bersama rombongannya ke Penutupan Turnamen Bola Volli Bupati Cup se Kecamatan Sosorgadong di Desa Sibintang, hari Sabtu (29/08/2020) lalu.

Seperti biasanya, Bupati Tapteng akan menanyakan kepada masyarakat apakah ada putra atau putrinya yang lulus perguruan tinggi negeri (PTN) program Strata 1 (Sarjana), tetapi tidak mampu untuk berkuliah.

Saat itu Nita yang hadir untuk menyaksikan Penutupan Turnamen Bola Volley ini tanpa ragu maju ke depan panggung tempat Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani berdiri.“ Saya Pak “ jawab Nita sambil tunjuk dan melangkah maju.

Bukti kelulusan Nita Lamria Tarihoran di Universitas Palangkaraya
Bukti kelulusan Nita Lamria Tarihoran di Universitas Palangkaraya (Foto 1MNC)

Setibanya dipanggung, Bupati Bakhtiar Sibarani seperti biasanya menanyakan terlebih dahulu latar belakang kehidupan yang hendak diberikan Beasiswa Program Pemkab Tapteng.

Dari beberapa pertanyaan yang diajukan, diketahui Nita yang mengenakan kemeja jeans ini ternyata hanya tinggal bersama Ayahnya sementara Ibunya telah tiada.

Kepada Nita, Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani berpesan , “Manfaatkan beasiswa ini dengan sebaik-baiknya, belajar sungguh-sungguh agar dapat cepat lulus kuliah. Selalu muliakan dan hormati orangtuamu, serta jaga nama baik Kabupaten Tapanuli Tengah,” pesan Bupati Bakhtiar Sibarani.

Bupati Bakhtiar Sibarani selanjutnya memerintahkan Camat Sosorgadong Ridwan Gorat untuk mendata dan berkordinasi dengan Dinas Pendidikan Tapteng agar Nita mendapatkan Beasiswa sebesar Rp. 2 Juta rupiah per bulannya dengan maksimal masa beasiswa selama 5 (lima) tahun.

Diketahui juga, gadis remaja kelahiran tanggal 10 April 2002 ini lulus di Universitas Palangkara Program Studi Kehutanan.

“Terima kasih Pak Bupati, semoga Bapak Bupati dan Bapak Wakil Bupati diberi kesehatan, rejeki, dan kekuatan dalam memimpin dan membangun Kabupaten Tapanuli Tengah ini. Saya selalu ingat pesan Bapak ,” ucap Nita Lamria.

Camat Sosorgadong Ridwan Gorat melalui Kadis Kominfo Tapteng membenarkan Nita merupakan anak piatu.

Nasib mujur juga diperoleh, Amiruddin Saoloan Lumbantoruan, warga Desa Barambang Kecamatan Sosorgadong, yang diterima di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan, Jurusan S-1 Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

Dirinya juga berhak menerima beasiswa dari Pemkab Tapteng. Ke dua penerima beasiswa ini akan kembali disurvey dan dicroschek oleh Dinas Pendidikan Tapteng, khususnya kehidupan ekonomi keluarganya apakah tergolong dari keluarga tidak mampu.

Untuk diketahui, Program Beasiswa ini telah berjalan sejak Tahun 2019, Pemkab Tapteng telah mengirimkan putra putri Tapteng untuk dikuliahkan sebanyak 20 orang.

Bupati Tapteng Bakhtiar Sibarani berjanji akan terus meningkatkan jumlah penerima Beasiswa. (Agus Tanjung)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan