Miris, Kembali Terjadi di Sibolga Tenaga Medis Positif Covid-19

  • Whatsapp
Konfrensi Pers Gugus Tugas Covid-19 Kota Sibolga terkait Pasien Positif Covid-19
Konfrensi Pers Gugus Tugas Covid-19 Kota Sibolga terkait Pasien Positif Covid-19

1Minutesnews.com, SIBOLGA | Seorang dokter yang bertugas di RSU FL Tobing Kota Sibolga, dinyatakan positif Covid-19. Adanya tambahan tenaga medis (tenaga kesehatan/nakes) tersebut menyebabkan jumlah total tenaga medis yang terpapar Covid-19 menjadi dua orang.

Kepastian adanya nakes yang kembali dinyatakan postif Covid-19 diungkapkan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sibolga Binner Lumban Gaol didampingi Kadis Kesehatan Firmansyah Hulu, saat konfrensi pers hari Jumat (03/07/2020) pukul 17.50 WIB.

Bacaan Lainnya

Dijelaskan, Pasien tersebut berinisial UE seorang dokter perempuan dan bertugas di RSU FL Tobing Sibolga dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil tes swab Polymerase Chain Reaction (PCR) Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara.

Dokter UE ini disebut memiliki riwayat kontak dengan YPH, pasien positif COVID-19, yang juga seorang tenaga medis di RSU FL Tobing Sibolga.

“Ini adalah tindak lanjut yang kita lakukan terkait adanya pasien yang pernah dirawat di Sibolga kemudian dirujuk ke Taput. Tim langsung melakukan tracing, hasilnya ada sekita 20 orang tenaga medis dan para medis yang ditest rapid dan semuanya nonreaktif. Tapi karena sudah ada yang positif, lalu kita ambil test swab. Dan hasilnya baru 18 orang yang kita terima kemarin. Sebanyak 17 orang hasilnya negatif dan 1 orang positif adalah UE,” ungkap Kadis Kesehatan Firmansyah Hulu.

Dijelaskan juga selama ini, pasien adalah Orang Tanpa Gejala (OTG).
Kadis Kesehatan menerangkan, kondisi UE saat ini baik-baik saja dan sedang diisolasi di salah satu ruangan di RSU FL Tobing Sibolga.

“Kita sudah lakukan tracing dan keluarganya ada 23 orang yang pernah kontak dengan tenaga medis tersebut. Sebagian mereka sudah kita rapid hasilnya nonreaktif. Dan mereka sudah kita isolasi mandiri. Mereka juga sudah kita test swab PCR yang akan kita kirim sore ini ke Laboratorium RS USU,” jelasnya.

“Tenaga medis UE warga  Kelurahan Pasar Belakang, yang bersangkutan sudah kita isolasi di tempat yang aman dan baik. Untuk itu masyarakat tidak perlu kuatir atas informasi ini,” tambahnya.

Sebelumnya diketahui, salah seorang Warga Kecamatan Pandan Kabupaten Tapteng yang bertugas sebagai Petugas Medis di IGD RSU FL. Tobing Kota Sibolga, diketahui dari hasil Swab TCM RSUD Tarutung positif terpapar Covid-19.

“Kami sampaikan bahwa hasil Swab TCM di Laboratorium RSUD Tarutung sebagai rumah sakit rujukan ditetapkan 2 orang warga Kabupaten Tapanuli Tengah positif Covid-19. Kedua pasien ini suami-istri, dimana pasien perempuan ditetapkan positif Covid-19 pada hari Selasa 23 Juni 2020 dan pasien laki-laki ditetapkan positif Covid-19 pada Rabu 24 Juni 2020,” kata Kadis Kesehatan Tapteng Nursyam, S.K.M, M.Kes bersama Kalaksa BPBD Tapteng di Dinas Kesehatan Tapteng, Kamis (24/06./2020).

Dijelaskan ,sebelumnya pasien wanita yang merupakan petugas medis di IGD RSU Sibolga ini sudah melakukan perawatan sendiri di rumahnya.

“Pasien perempuan positif Covid-19 itu kesehariannya bertugas di garda terdepan sebagai Tenaga Kesehatan di IGD RSU Dr. FL. Tobing Kota Sibolga. Kronologis pasien perempuan positif Covid-19 ini adalah pada tanggal 17 Juni 2020, pasien tersebut mengalami keluhan sakit perut, mulas (maagh), dan diinfus sendiri di rumah selama 2 hari. Pada tanggal 20 Juni 2020, karena tidak kunjung membaik, pasien tersebut atas inisiatifnya ke RSU Dr. FL Tobing Kota Sibolga untuk mendapat perawatan lanjut,” jelas Nursyam. (AST)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *