Berbagai Daerah di Indonesia Persiapkan New Normal

  • Whatsapp

Oleh : Raavi Ramadhan
(Penulis adalah mahasiswa Universitas Pakuan Bogor)

1Minutesnews.com , Artikel | Kita semua tahu bahwa status Pandemi virus corona memang belum dinyatakan berakhir dalam waktu dekat. Meski demikian pimpinan daerah di berbagai wilayah di Indonesia sudah bersiap untuk menyambut new normal mulai dari unit terkecil yakni desa agar kesejahteraan kembali pulih di masa pandemi Covid-19.

Bacaan Lainnya

Tatanan kenormalan baru ialah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal, tetapi masyarakat tetap diwajibkan untuk menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penularan covid-19.

Abdullah Azwar selaku Bupati Banyuwangi Provinsi Jawa Timur mengatakan, dengan adanya penerapan kenormalan baru, maka hal tersebut merupakan kebiasaan baru agar lebih mudah dipahami oleh masyarakat secara luas.

Persiapan menuju kebiasaan baru tersebut juga sudah dilakukan di tingkat desa. Salah satunya ialah pelayanan publik di seluruh kantor desa disesuaikan dengan prosedur operasional standar kesehatan sesuai arahan Gugus Tugas Percepatan Covid-19.

Misalnya, masyarakat yang datang ke fasilitas umum wajib menggunakan masker, jika tidak maka Azwar menjelaskan perekonomian Banyuwangi bertumpu pada pariwisata. Menjelang penerapan kebiasaan baru, protokol di bandara pun diperketat.

Selain itu, ada hotel yang menyediakan rapid test untuk mendeteksi covid-19. Setelah tamu keluar dari kamar, maka semua yang ada di dalam kamar harus dibersihkan.

Untuk bisnis seperti restoran, Azwar Anas mengatakan pemerintah kabupaten sudah melakukan kurasi. Restoran yang menerapkan protokol kesehatan dengan baik akan diberikan stiker atau sertifikasi.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *