Setelah 26 Tahun, Masjid Al Muslimin Pandan di Renovasi

  • Whatsapp
Keterangan Foto : Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani melakukan peletakan batu pertama tanda di mulainya Pembangunan Renovasi Masjid Al Muslimin Pandan. Inzet, Kiri (Kondisi Awal Masjid Al-Muslimin), Kanan (Ilustrasi Usai Pelaksanaan Renovasi).
Keterangan Foto : Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani melakukan peletakan batu pertama tanda di mulainya Pembangunan Renovasi Masjid Al Muslimin Pandan. Inzet, Kiri (Kondisi Awal Masjid Al-Muslimin), Kanan (Ilustrasi Usai Pelaksanaan Renovasi).

1Minutesnews.com, TAPTENG | Sejak diresmikan 26 Tahun silam tepatnya tanggal 24 Juni 1994, Masjid Al- Muslimin Pandan mulai di renovasi, hari Jumat tanggal 8 Mei 2020 bertepatan dengan 15 Ramadhan 1441 H.

Peletakan Batu Pertama sebagai pertanda di mulainya Renovasi Tahap I Pembangunan Masjid Al- Muslimin di lakukan oleh Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani bersama Kakan Kemenag Tapteng Rasidin Barasa, Ketua MUI Drs. Ngadiman KS dan Ketua BKM Al-Muslimin Pandan sekaligus Ketua Panitia Pembangunan Renovasi Masjid Al Muslimin, Norman, usai Sholat Jumat.

“ Alhamdulillah, hari ini pembangunan renovasi Masjid Al-Muslimin Pandan dan Masjid Raya Barus di mulai. Ini akan meningkatkan ke imanan kita dan menjadi Icon Wisata Rohani di Kabuapten Tapanuli Tengah. Disain ke dua Masjid ini sama baik bentuk fisik maupun warna. Akan menjadi Masjid Kembar di Kabupaten Tapanuli Tengah,” jelas Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani.

Masjid Al Muslimin Pandan yang di mulai renovasi total
Masjid Al Muslimin Pandan yang di mulai renovasi total

Dijelaskan juga, Sumber Pendanaan dari Ke dua  Pembangunan Masjid ini di tahap awal dari APBD Tapanuli Tengah. Di anggarkan untuk Masjid Al Muslimin Pandan sebesar Rp. 5 Milyar sementara Masjid Raya Barus sebesar Rp. 3 Milyar.

“ Dari APBD Kabupaten Tapteng. Sebelumnya kita sudah mengusulkan bisa di tampung di APBD Prov. Sumut, tetapi entah kenapa di coret. Insya Allah di anggaran Provinsi Tahun depan bisa kembali ditampung,” kata Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani.

Ilustrasi Gambar Masjid Al Muslimin usai nantinya selesai di renovasi
Ilustrasi Gambar Masjid Al Muslimin usai nantinya selesai di renovasi

Bupati Bakhtiar Sibarani juga meminta peran serta masyarakat agar membantu pembiayaan pembangunan ke dua Masjid ini.

“ Saya juga juga menghimbau kepada masyarakat di Kabupaten Tapanuli Tengah agar bergotong royong berinfaq membantu biaya pembangunan ke dua Masjid ini yang diperkirakan akan selesai awal 2022. Saya yakin walaupun kondisi ekonomi sedang sulit, kalau kita memperbanyak sedekah dan infaq , Allah SWT akan membuka dn melipat gandakan rejeki kita, “ pinta Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani.

Sementara itu, Perwakilan Pelaksana Pembangunan Masjid Al -Muslimin menjelaskan, rencana pembangunan Masjid ini akan di lakukan dalam Tiga Tahap.

“ Tahapan pembanunan akan kita lakukan tiga Tahap. Tahap I di tahun 2020, dana sebesar Rp. 5 Milyar ini akan kita pergunakan untuk pembangunan pondasi serta pembangunan seluruh tiang-tiang penyangganya. Sementara untuk Tahap II di Tahun 2021 , Insya Allah bila ada dana akan kita lanjutkan dengan pembangunan dinding dan struktur atasnya. Tahap III di Tahun 2021 akhir hingga awal Tahun 2020 akan dilakukan finishing,” jelas Irfan.

Sementara untuk daya tampung jamaah dengan adanya renovasi akan semakin bertambah.

“ Karena struktruk tiangnya kita rancang tindak mempergunakan tiang tengah, diperkirakan daya tampung jamaah seribuan lebih,” jelas Irfan.

Di kesempatan ini, Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani juga menyerahkan zakat pribadinya kepada 300 ratusan Guru Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) dalam bentuk Paket Sembako, Sirup dan Uang Tunai.

Bupati Tapteng serahkan paket sembako dari zakat pribadi kepada 300 Guru MDA.
Bupati Tapteng serahkan paket sembako dari zakat pribadi kepada 300 Guru MDA.

“ Ini sumbernya dari Zakat Pribadi Saya dan Istri. Semoga bantuan yang tidak seberapa ini bisa meringankan Ibu-ibu di masa pandemi covid-19,” kata Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani kepada perwakilan penerima bantuan.

Turut hadir di kegiatan ini, Sekda Pemkab Tapteng Henri Lumbantobing, Kakan Kemenag Tapteng Rasidin Barasa, Ketua MUI Tapteng Ngadiman KS, Pengurus BKM Masjid Al Muslimin Pandan, Para OPD Pemkab Tapteng dan Kadis Kominfo Tapteng Dedi Sudarman Pasaribu.

Untuk diketahui, Masjid Al-Muslimin Pandan di Jalan FL. Tobing Kecamatan Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah di bangun di masa pemerintahan Presiden RI Soeharto tanggal 24 Juni 1994.

Masjid ini merupakan sumbangan dari Yayasan Amal Bakti Muslim (AST)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan