Di Sibolga, Usia 15 Tahun Ikhsan Marbun Berbobot 23 Kg Akibat Gizi Buruk

  • Whatsapp
Ikhsan Marbun, Remaja Sibolga penderita Gizi Buruk
Ikhsan Marbun, Remaja Sibolga penderita Gizi Buruk

1Minutesnews.com, SIBOLGA | Seorang remaja berusia 15 tahun bernama Ikhsan Marbun, warga Jalan Ketapang Gang Kerinci Lingkungan VI Nomor 6 Kelurahan Simare-mare Kota Sibolga, Sumut, terbaring lemah dengan kondisi tinggal tulang di balut kulit akibat gizi buruk.

Ikhsan sebenarnya sudah berusia 15 tahun dan masih berstatus pelajar di salah satu SLTP. Namun lantaran menderita gizi buruk, tubuhnya terlihat seperti anak kecil berusia 8 tahun. Meski mampu duduk tetapi tak bisa lama akibat penyakit saluran pencernaan yang juga menderanya.

Untuk berjalan, remaja ini sudah tak mampu, saat awak media menyambangi kediamannya, Sang Kakak harus memanggul tubuh Ikhsan ke ruang tengah rumahnya.

Ikhsan Marbun Remaja penderita gizi buruk saat disuapin susu oleh bibinya
Ikhsan Marbun Remaja penderita gizi buruk saat disuapin susu oleh bibinya

Kondisi remaja ini diperparah dengan kondisi rumah yang tak layak huni dan nyaris roboh.

“ Sabar saja lah Saya bang. Sakit perut saya bang, kalau duduk,” ucap Ikhsan lirih dan terlihat genangan air mata mulai menetes di sudut kelopak mata remaja 15 tahun ini, hari Sabtu (16/5/2020).

Ikhsan Marbun merupakan anak ke tiga dari empat bersaudara.

Dari keterangan Orang tuanya Yusran Marbun, putranya sudah tergeletak tak berdaya selama 3 (tiga) bulan.

“ Saya sudah tak sanggup bang, mohonlah kami dibantu. Sudah kami bawa ke RSU FL Tobing dan RS Adam Malik Medan. Tak sanggup lagi kami membiayai perobatan dan kebutuhan anak kami ini. Sementara masih ada 3 (tiga) Saudarannya yang harus saya tanggung,” ucap Yusran yang berprofesi sebagai penarik becak.

Selain menderita Gizi Buruk dari Informasi Pihak Rumah Sakit, Yusran mengetahui anaknya juga menderita bocor lambung dan penyakit TB.

“ Gizi buruk kata pihak rumah sakit bang. Berat badan Ikhsan memang sedikit bertambah setelah berobat di RS Adam Malik, naik jadi 23 kg, sebelumnya kurang dari itu bang. Selain itu lambung anak saya juga bocor dan menderita TB. Sejak dirawat di RS Adam Malik Medan selama 1 bulan penyakit TB nya berkurang,” beber Yusan.

Yusran mengakui bahwa untuk biaya perobatan anaknya mempergunakan BPJS Kesehatan. Tetapi dirinya terkendala dalam memenuhi kebutuhan asupan gizi dan perawatan Ikhsan.

“ Macam mana lah bang kami sanggup. Satu hari pampers harus saya siapkan sedikitnya 1 Bungkus seharga Rp. 50 ribu. Minumnya juga tidak sembarangan haru air mineral, selain itu Saya juga harus membelikan susu tepung merk Sustagen buat penambah gizi anak saya. Memang untuk perobatan di rumah sakit ditanggung BPJS, tetapi biaya kami di Medan sudah berapa bang ? Lain lagi untuk memenuhi kebutuhan Ikhsan. Alhasil, Saya berutang kesana kemari bang, “ jelas Yusran dan terlihat matanya memerah menunjukkan kesedihan yang sangat mendalam.

Kondisi kediaman Ikhsan Marbun
Kondisi kediaman Ikhsan Marbun

Dari penjelasan Yusran, baru tadi pagi pihak Puskesmas mendata Ikhsan, sementara selama ini tidak ada sama sekali perhatian baik dari pihak kelurahan maupun pihak Dinas Kesehatan.

“ Saya tidak bermasuk menjelekkan pemerintah bang. Tetapi sudah tiga bulan anak saya sakit tanpa perhatian, baru tadi pagi pihak Puskesmas datang mendata. Makanya keluhan ini, Saya muat di media sosial,” jelas Yusran.

Diketahui, Sang Ibu terpaksa banting tulang membantu Suaminya dengan bekerja sebagai Asisten Rumah Tangga.

Tampak, Sang Bibi menyuapi susu ke mulut Ikhsan dan terlihat Remaja ini dengan susah payah menelan cairan susu yang diberikan dengan mempergunakan sendok.

Terlihat juga, Ikhsan dikenakan pampers karena remaja ini tidak sanggup berdiri walau hanya sekedar untuk membuat kotorannya.

Semoga Pemerintah Kota Sibolga khususnya Instansi terkait bisa memberikan perhatian serius kepada keluarga ini apalagi jarak kediamannya kurang dari 1 Kilometer dari Kantor Wali Kota Sibolga yang berdiri megah.

Catatan Redaksi :  Pihak Keluarga sudah memeberikan Izin untuk menampilkan Foto dan Vidio Liputan Remaja ini tampa di buramkan .(AST)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan