Kenali Perbedaan Gejala Covid-19 dengan Flu Biasa

  • Whatsapp
Kenali perbedaan gejala Flu biasa dengan Covid-19

1Minutesnews.com , Artikel | Flu biasa maupun COVID-19 sama-sama disebabkan oleh virus yang menyerang saluran pernapasan manusia. Namun, kedua virus ini berasal dari golongan yang berbeda dan memiliki karakteristik yang berbeda pula.

Untuk diketahui, kasus infeksi virus Corona seperti yang saat ini sedang menggemparkan dunia, jenis virus yang menginfeksi adalah COVID-19 (sebelumnya dinamai 2019-nCoV atau novel coronavirus).

Selain COVID-19, jenis virus dari keluarga Corona lainnya yang juga menyebabkan infeksi saluran pernapasan adalah:
Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus (SARS-CoV) atau virus SARS
Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus (MERS-CoV) atau virus MERS

Sementara untuk flu biasa, virus yang berperan dalam menyebabkan seseorang mengalami penyakit ini umumnya adalah rhinovirus.

Rhinovirus, kendati menginfeksi saluran pernapasan hingga menyebabkan flu, tidak seagresif virus Corona COVID-19 maupun jenis Corona yang lainnya.

 

Berikut ini adalah perbedaan Corona dan flu yang perlu Anda ketahui!

 

Flu biasa

Flu biasa terjadi ketika rhinovirus menyerang saluran pernapasan. Umumnya, keluhan yang muncul datang dari hidung dan tenggorokan (saluran pernapasan atas). Gejala-gajalanya adalah sebagai berikut:
• Bersin-bersin
• Hidung tersumbat dan berair
• Sakit tenggorokan
• Sakit kepala ringan
• Batuk
• Demam (jarang)

Gejala-gejala tersebut biasanya muncul 1–3 hari setelah terpapar virus dari orang lain yang sedang sakit.
COVID-19

Sama seperti rhinovirus, virus Corona juga menginfeksi saluran pernapasan. Oleh karena itu, orang yang menderita COVID-19 bisa mengalami gejala yang mirip dengan flu.

Meski begitu, virus Corona yang sekarang sedang mewabah lebih sering menyebabkan keluhan pada saluran pernapasan bawah. Virus Corona bisa menyerang siapa saja, termasuk ibu hamil atau menyusui serta bayi dan anak-anak.

Ada 3 gejala utama yang dapat muncul pada COVID-19, yaitu:

• Demam tinggi
• Batuk
• Sesak napas

Pasien juga bisa mengalami nyeri otot, sakit kepala, sakit tenggorokan, pilek, diare, mual, dan muntah. Namun, gejala ini jarang terjadi dan tidak khas pada pasien COVID-19.

Pada kasus yang parah, infeksi virus Corona bisa menyebabkan komplikasi yang serius, seperti sindrom gangguan pernapasan akut, pneumonia (infeksi paru) yang berat, edema paru, dan kegagalan fungsi organ-organ tubuh, misalnya ginjal.

Bila Anda merasakan gejala atau baru saja bepergian ke negara-negara terjangkit virus Corona, Anda bisa mendeteksi apakah Anda berisiko terinfeksi virus Corona dengan klik gambar di bawah ini.

 

Pengobatan Flu dan Infeksi Virus Corona

Pengobatan ataupun vaksin untuk infeksi flu dan infeksi virus Corona atau COVID-19 tidak bisa disamakan, karena kedua penyakit ini memang sangat berbeda. Berikut adalah penjelasan mengenai pengobatan flu dan infeksi virus Corona:

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *