Data Covid-19 di Tapteng Bertambah Jadi 174 Orang, Ini Rinciannya

  • Whatsapp
Gugus Tugas Covid-19 di Kabupaten Tapteng
Gugus Tugas Covid-19 di Kabupaten Tapteng

1Minutesnews.com, Tapteng | Hingga Jumat (27/3/2020) terjadi pelonjakan jumlah masyarakat terkait  Covid-19 di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng). Tercatat, Orang Tanpa Gejala (OTG) melonjak jadi 104 (seratus empat) orang dari hari sebelumnya 77 (tujuh puluh tujuh) orang.

Sementara  Covid-19 kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) juga mengalami kenaikan walaupun tidak signifikan berjumlah 70 (tujuh puluh) orang di bandingkan hari sebelumnya sebanyak 67 (enam puluh tujuh) orang.

Sesuai data yang dirilis per tanggal 27 Maret 2020 oleh Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Keadaan Tertentu Wabah Penyakit Akibat Virus Corona (Covid-19) Kabupaten Tapanuli Tengah melalui Dinas Kesehatan Tapteng, terlihat peningkatan kategori OTG yang cukup signifikan di Kecamatan Pandan.

Di hari sebelumnya, jumlah OTG di Kecamatan ini sebanyak 5 (lima) orang melonjak menjadi 13 (tiga belas ) orang.

Demikian juga di Kecamatan Tapian Nauli, OTG Per 26 Maret 2020 sebanyak 12 (dua belas ) orang , hari Jumat 27 Maret 2020 naik menjadi 18 (delapan belas orang).

Dari Total ODP sebanyak 70 orang, 17 (tujuh belas) orang telah selesai menjalani masa pemantauan selama 14 hari. Sementara OTG sebanyak 104 orang, telah selesai pemantauan sebanyak 2 (dua) orang.

Sementara untuk  PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan Positive terinfeksi Covid-19 belum ditemukan di Kabupaten Tapanuli Tengah.

Data selengkapnya lihat tabel berikut.

Rincian Data Sebaran ODP, OTG, Terinfeksi Covid-19 di Kabupaten Tapteng
Rincian Data Sebaran ODP, OTG, Terinfeksi Covid-19 di Kabupaten Tapteng
Data Kasus Covid-19 di Kabupaten Tapteng per tanggal 27 Maret 2020

Dikutip indozone.id, ODP merupakan Orang yang mengalami gejala demam atau riwayat demam atau gejala sistem pernapasan seperti pilek/sakit tenggorokan/batuk dan pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di negara/wilayah yang merupakan pusat penyebaran virus corona.

Selain itu, seseorang yang pernah berkontak langsung dengan orang atau pasien positif corona juga dapat dikatakan sebagai ODP.

Orang-orang dalam pengawasan atau pemantauan tersebut kemudian disimpan datanya dalam sebuah database .

Nantinya, data-data itu bisa dilihat kembali jika orang bersangkutan tiba-tiba sakit atau terpapar COVID-19.

Sementara, OTG merupakan individu yang tidak menunjukkan gejala virus corona tetapi memiliki risiko tertular dari orang positif COVID- 19 dan riwayat perjalanan atau tinggal di negara/wilayah yang merupakan pusat penyebaran virus corona. (ast)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *