Bupati Tapteng Tutup MTQ Ke-46 dan FSQ Ke-31, Kafilah Tukka Juara Umum

  • Whatsapp
Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani foto bersama Kafilah Kecamatan Tukka yang tampil sebagai Juara Umum di MTQ Ke -46 dan FSQ Ke-31

1MinutesNews.COM, Barus | Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-46 dan Festival Seni Qasidah (FSQ) ke-31 Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) Tahun 2020 yang digelar tiga hari sejak Selasa (25/02/2020) hingga Kamis (27/02/2020) ditutup secara resmi oleh Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani di Lapangan Merdeka, Kecamatan Barus pada Kamis (25/02/2020) malam.

Penutupan MTQ dan FSQ ini diawali dengan penurunan Bendera Tilawatil Qur’an dan menyanyikan Mars MTQ, dilanjutkan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Qori Pemenang Tilawah Dewasa Putra MTQ ke-46 Tapteng, Muslimin Hutapea, M.Pd, kemudian sambutan penutupan MTQ dan FSQ.

Ribuan masyarakat padati lokasi acara penutupan MTQ dan FSQ Tingkat Kabupaten Tapteng di Lapangan Merdeka Barus

Bupati mengingatkan kepada para Dewan Hakil/Juri MTQ ke-46 dan FSQ ke-31 Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun 2020 agar teguh memberikan penilaian dan menentukan pemenang dengan benar dan tidak curang.

“Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Festival Seni Qasidah ini adalah merupakan kegiatan yang setiap tahun kita laksanakan, tapi yang perlu kami sampaikan bahwa bukan hanya seremonial belaka yang kami inginkan, tapi lebih penting, saudara-saudara memaknai arti Al-Qur’an, mempedomaninya, dan melaksanakan seluruh perintah Allah dan menjauhi seluruh larangan Allah,” pesan Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani.

Selanjutnya, Bupati Tapanuli Tengah menegaskan pembangunan Masjid Al Muslimin di Kecamatan Pandan dan pembangunan Masjid Agung Barus di Kecamatan Barus mulai peletakan batu pertamanya di bulan April 2020 ini.

“Saudara Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara Rahmansyah Sibarani lagi berjuang agar Gubernur mau membangun Masjid yang ada di Kecamatan Barus, Masjid Raya Barus diganti namanya menjadi Masjid Agung Barus dan Masjid Al Muslimin Pancasila menjadi Masjid Agung Al Muslimin yang berada di depan Kantor Bupati Tapanuli Tengah, namun perlu kami sampaikan bahwa sebelum Gubernur nantinya membantu pembangunan Masjid dan abanganda Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara Rahmansyah Sibarani berjuang dan wajib hukumnya itu untuk diperjuangkan. Perlu kami sampaikan kepada kita semua yang berhadir saat ini bahwa kami pastikan, kami siap mengundurkan diri dari jabatan kami sebagai Bupati dan Wakil Bupati apabila pada bulan April tahun ini, belum terletak batu pertama dan dilanjutkan pembangunan Masjid Agung yang berada di Kecamatan Barus dan Masjid Agung Al Muslimin yang berada di depan Kantor Bupati Tapanuli Tengah. Kami akan mengundurkan diri saudara-saudara, apabila kedua masjid tersebut belum terwujud pembangunannya,” ungkap Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani.

Selanjutnya, Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani menegaskan komitmennya untuk memberantas narkoba di seluruh wilayah Tapteng. “Bahwa dalam Perdes (Peraturan Desa) itu, jika ada pasal-pasal yang salah, agar diperbaiki, agar jangan sampai keliru dan melanggar aturan, tetapi tidak menyurutkan semangat memberantas narkoba. Sanksi sosial yang telah disepakati di desa diteruskan karena sanksi sosial itu hasil kesepakatan bersama. Tujuan kita memberantas narkoba,” tuturnya.

Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani juga menitip pesan kepada Gubernur Sumatera Utara bahwa Kabupaten Tapanuli Tengah siap untuk menjadi Tuan Rumah Pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Sumatera Utara di masa mendatang, khususnya tahun 2021.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Rahmansyah Sibarani, SH menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan MTQ ke-46 dan FSQ ke-31 Tapteng 2020.

“Saya selaku Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara yang berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatera Utara sembilan (Sumut IX) sangat mengapresiasi terselenggaranya kegiatan MTQ ke-46 dan FSQ ke-31 Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun 2020 yang dilaksanakan dari tanggal 25 hingga 27 Februari 2020 berjalan dengan hikmat, aman dan lancar”, kata Wakil Ketua DPRD Provsu Rahmansyah Sibarani, SH.

“Izinkan kami selaku Anggota DPRD Provsu yang duduk menjadi unsur Pimpinan di Provsu, mohon doakan kami, kami akan bertekad membuktikan pembangunan di Kabupaten Tapanuli Tengah bahwasanya betul-betul adalah tempat awal masuknya Islam di Nusantara. Kita akan buktikan dan kita akan kawal janji saudara Gubernur Sumut Edy Rahmayadi kepada kami untuk terwujudnya pembangunan Masjid Raya Barus menjadi Masjid Agung Barus di Kecamatan Barus dan Masjid Al Muslimin Pancasila yang berada di depan Kantor Bupati Tapanuli Tengah menjadi Masjid Agung Al Muslimin. Kami kawal hingga terwujud,” beber Wakil Ketua DPRD Provsu Rahmansyah Sibarani, SH.

 

“Kami juga berharap doa dan restu saudara-saudara sekalian agar kami mampu memperjuangkan dan mewujudkan cita-cita kita bersama tentang pertanian, perikanan, kelautan, dan infrastruktur jalan, serta hal lainnya di Kabupaten Tapanuli Tengah, khususnya pembangunan Tembok Penahan Sungai di kiri dan kanan Sungai Aek Sirahar tersebut seperti di Kecamatan Sorkam. Semoga hal ini dapat kami wujudkan,” ucapnya.

Diakhir sambutannya, Wakil Ketua DPRD Provsu Rahmansyah Sibarani, SH menyampaikan kepada seluruh warga Tapteng yang menjadi Korban Banjir dan Tanah Longsor, agar tetap semangat dan bangkit menatap masa depan yang lebih baik kedepannya. “Jangan berlarut dalam kesedihan dan duka. Mari bergandengan tangan menatap masa depan yang lebih cerah,” harapnya.

Selanjutnya, Ketua Sementara DPRD Tapteng Khairul Kiyedi Pasaribu dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah beserta segenap Panitia, Dewan Hakim/Juri dan para peserta kafilah dari 20 kecamatan se Tapteng atas terselenggaranya kegiatan MTQ ke-46 dan FSQ ke-31 Tingkat Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun 2020, yang berlangsung dengan hikmat, aman dan berjalan dengan lancar.

Selanjutnya, Ketua Dewan Hakim/Juri masing-masing kategori MTQ dan FSQ membacakan para pemenang dilanjutkan dengan pemberian Tropy, Piagam, dan hadiah yang diberikan oleh Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani, Wakil Ketua DPRD Provsu Rahmansyah Sibarani, SH, Ketua Sementara DPRD Tapteng Khairul Kiyedi Pasaribu dan Anggota DPRD Tapteng.

 

Diakhir acara Penutupan MTQ dan FSQ ini, Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani menyerahkan Tropy Juara Umum MTQ ke-46 dan FSQ ke-31 Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun 2020 kepada Camat Tukka Julkhaidir Pardede. Kafilah Kecamatan Tukka kembali meraih Juara Umum untuk ketiga kalinya secara berturut-turut sejak tahun 2018.

Turut hadir pada acara Penutupan MTQ dan FSQ ini, Ketua Sementara dan Anggota DPRD Tapteng, Ketua DPRD Kota Sibolga, Kakan Kemenag Tapteng Rasidin Barasa, MA, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Ny. Juli Darwin Sitompul, Sekretaris Daerah (Sekda) Tapteng, Staf Ahli, Asisten, Pimpinan OPD, Camat, Lurah dan Kepala Desa se Tapteng, Forkopimka Kecamatan Barus, Ketua MUI Tapteng, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Ormas Islam, Kontingen Kafilah 20 kecamatan se Tapteng, serta masyarakat. (Rel Komimfo Tapteng)

 

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan