DPRD Tapsel Gelar Rapat Paripurna Penyampaian Hasil Reses 2019 – 2020

  • Whatsapp
Rapat Paripurna Penyampaian hasil reses DPRD Kabupaten Tapanuli Selatan

1MinutesNews.COM, Tapsel | Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD ), Kabupaten Tapanuli Selatan ( Tapsel ), menggelar Rapat Paripurna Penyampaian Hasil Reses Masa Sidang II Tahun 2019 – 2020, yang berlangsung Pukul 10:00 Wib di Gedung DPRD hari Senin (17/2/2020) lalu.

Rapat Paripurna tersebut berdasarkan keputusan pimpinan Badan Musyawarah Daerah ( Banmus) DPRD Tapsel Nomor 170/01/BANMUS/2020 tanggal 13 Januari 2020.

Bacaan Lainnya

Rapat Paripurna Penyampaian Hasil Reses dipimpin dan dibuka langsung oleh Ketua DPRD Tapsel Husin Sogot Simatupang didampingi Wakil Ketua H Borkat serta dihadiri sebanyak 27 orang anggota DPRD dari 35 orang anggota DPRD Tapsel. Hadir juga dari pemerintahan Kabupaten Tapsel, Kepala Bappeda, Asisten I dan Asisten II.

Sekretaris DPRD Tapsel Darwin Dalimunthe, mengatakan bahwa rapat paripurna ini dilaksanakan sesuai Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 khusunya pasal 161 Yang menyatakan bahwa anggota DPRD berkewajiban menyerap aspirasi dan pengaduan masyarakat melalui kunjungan kerja secara berkala untuk bertemu konstituennya pada masa reses, dan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 dimana pelaksanaan reses akan menjadi materi dalam menyusun pokok-pokok pikiran DPRD.

 

Dijelaskannya, dalam rapat paripurna ini masing-masing Perwakilan dari 5 daerah pemilihan menyampaikan laporan yang merupakan laporan gabungan masing – masing daerah pemilihan.
Untuk Dapil I dibacakan oleh Muhammad Faisal Siregar, Dapil II dibacakan Mhd. Rawi Ritonga, dapil III dibacakan oleh Hj. Maisyaroh, Dapil IV dibacakan oleh Nurhayati Pane, dan Dapil V dibacakan oleh Eddi Sullam Siregar.

Menanggapi laporan hasil Reses 5 Dapil tersebut, Kepala Bappeda Tapsel Abadi Siregar, yang pada kesempatani ini mewakili Bupati Syahrul M Pasaribu, menyampaikan bahwa hasil reses Anggota DPRD Kabupaten Tapsel Masa Sidang II Tahun 2019-2020, nantinya akan dimasukkan dalam pokok-pokok pikiran DPRD yang penginputannya melalu i e-pokir, yang nantinya juga akan masuk kedalam e-plening, dengan tetap menyesuaikan dengan sasaran dan prioritas pembangunan Kabupaten Tapsel.

 

Pada kesempatan itu Kepala Bappeda Tapsel juga menyampaikan bahwa beberapa aspirasi masyarakat tersebut merupakan wewenang pemerintah provinsi dan pusat, ” pun demikian akan kita teruskan kepada pihak-pihak terkait”,ujarnya.

Selepas tanggapan dari Kepala Bappeda Tapsel acara dilanjutkan dengan penyerahan laporan hasil reses dari pimpinan DPRD kepada Bupati Kabupaten Tapanuli Selatan yang diwakili Kepala Bappeda, yang disaksikan Asisten I, Asisten II, serta Sekretaris Dewan dan Anggota DPRD Tapsel yang hadir.

Rapat Paripurna ini juga diwarnai dengan beberapa Intrupsi dari Anggota DPRD Tapsel. Secara garis besar intrupsi Anggota DPRD menyoroti agar rapat paripurna ini tidak hanya sebatas seremonial belaka tetapi diharapkan aspirasi masyarakat yang disampaikan melalui reses dapat ditindak lanjuti sesuai kewenangan dan yang pasti selaras dengan pelaksanaan Musrenbang desa dan kelurahan kemudian Musrenbang kecamatan.

Tepat Pada Pukul 13:30 Wib Ketua DPRD Tapsel Husin Sogot Simatupang, secara resmi menutup Rapat Paripurna tersebut. (BHG)

 

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan