Dinsos Tapteng Sosialisasi Program Sembako Berbasis SIKS-NG

  • Whatsapp
Dinsos Tapteng gelar sosialisasi Program Pangan dan SIKS-NG kepada Operator Desa

1Minutesnews.com, TAPTENG | Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) , melalui Dinas Sosial menggelar sosialisasi Perubahan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) menjadi Program Sembako berbasis Aplikasi SIKS-NG di Aula Gedung Panca Prima Kec. Pandan, hari Selasa (11/02/2020).

Para Operator Desa/Kelurahan se Kabupaten Tapteng diingatkan kembali terkait pendataan berbasis Aplikasi SIKS -NG yang sebelumnya mereka telah melalui Bimbingan Tekhnik terkait Aplikasi ini.

“Untuk pemutakhiran basis data terpadu kemiskinan di Kabupaten Tapanuli Tengah ini telah menggunakan aplikasi SIKS-NG,” jelas Kadis Sosial Pemkab Tapteng Parulian Sojuangon Panggabean, SE, M.Si di hadapan para Operator Desa/Kelurahan.

Parulian Panggabean menuturkan, penanggulangan kemiskinan merupakan bagian dari visi misi, dan program Bupati Tapteng melalui perlindungan sosial yang diimplementasikan melalui Program Keluarga Harapan atau PKH, Kartu Indonesia Sehat atau KIS, Kartu Indonesia Pintar atau KIP dan bantuan Sembako. Namun itu takan berhasil jika tidak terverifikasi dengan baik. Sehingga melalui aplikasi SIKS-NG ini diharapkan kedepannya dapat mengolah dan menghasilkan data yang akurat.

Sementara terkait perubahan BPNT di ubah menjadi Program Sembako di Tahun 2020 ini, Parulian Panggabean menjelaskan bahwa program bantuan sembako ini merupakan upaya pemerintah untuk menyangga kualitas hidup masyarakat tidak mampu.

“ Sejalan dengan pengubahan julukan tersebut, ada pula beberapa kebijakan yang turut diubah. Di tahun ini para keluarga penerima bantuan (KPM) akan menerima nilai bantuan sebesar Rp150.000 per bulan, atau naik Rp40.000 dari tahun sebelumnya, yaitu Rp110.000,” jelas Parulian Panggabean.

“ Kemensos juga menambah jenis bahan pangan yang boleh dibeli oleh para KPM melalui e-Warung. Apabila di tahun sebelumnya komoditas bahan pangan yang dibeli hanya berupa beras dan telur, maka di tahun ini ada penambahan sumber protein,” lanjutnya.

Selain Kadis Sosial Tapteng Parulian Panggabean, sosialisasi ini juga menghadirkan nara sumber dari M. Idham Khalid Lubis selaku Korda Tenaga Kesejahteraan Sosial (TKS) Tapteng dan Kordinator PKH Kabupaten Tapteng Agus Panggabean.

Usai acara sosialisasi untuk para Operator Desa/Kelurahan, Dinsos Tapteng juga menggelar sosilisasi Program Pangan ini kepada 107 pemilik e-Warung se Kabupaten Tapteng. (Ast)

 

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan