Pertama Di Indonesia, Peraturan Usir Bandar Narkoba Seumur Hidup Diberlakukan di Tapanuli Tengah, Ini Bunyinya

  • Whatsapp
Plank Pemberitahuan Perdes Narkoba di Desa Sigiring-giring, Kab. Tap.Tengah

1MinutesNews.COM, TAPTENG | Peraturan Desa (Perdes) pengusiran warga seumur hidup dari desanya bila terbukti secara hukum sebagai bandar narkoba, mulai berlaku sejak hari Rabu 1 Januari 2020 di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) Provinsi Sumatera Utara.

Dengan diberlakukannya Perdes Narkoba ini, mendaulat Kabupaten Tapteng satu-satunya kabupaten di Indonesia yang menerapkan hukuman sosial tambahan bagi bandar narkoba setelah menjalani masa hukuman pidananya.

Peraturan ini juga berlaku bagi pengguna narkoba, walaupun tidak seberat bandar narkoba, sanksi sosial berupa pengusiran selama 15 tahun dari desanya usai menjalani hukuman pidana, di yakini mampu memberikan efek jera kepada para pelaku penyalahgunaan narkoba.

Bukan tanpa alasan seluruh desa di Kabupaten Tapteng menerapkan Perdes Narkoba ini. Maraknya kasus narkoba bukan lagi melibatkan warga di perkotaan, tetapi sudah menyentuh hingga level pelosok desa.

Hal ini membuat Kabupaten Tapteng, memukul “genderang” perang terhadap penyalahgunaan narkoba.

Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani dalam setahun terakhir ini sudah gencar memerangi narkoba bersama aparat kepolisian.

Sementara terkait Perdes Narkoba, orang nomor satu di Pemkab Tapteng ini selalu mensosialisasikan isi Perdes Narkoba di semua kegiatan baik di Pemerintahan maupun masyarakat.

“ Peraturan Desa/Kelurahan atas sanksi sosial yang diberikan kepada warga Tapteng yang terlibat narkoba dan sudah di proses hukum akan di berlakukan mulai tanggal 1 Januari 2020 ini. Setelah menjalani hukuman penjara, yang bersangkutan bila bandar narkoba tidak akan diperbolehkan kembali lagi di Kabupaten Tapten selamanya. Sementara bila terbukti sebagai pemakai narkoba, maka akan mendapatkan sanksi sosial tidak diperbolehkan kembali ke Kabupaten Tapteng selama 15 tahun usai menjalani hukumannya,” jelas Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani saat memberikan kata sambutan di Peresmian Jembatan Hamzah Al Fansuri, hari Selasa (31/12/2019) lalu.

“ Mohon dukungannya dan beritahukan kepada seluruh keluarga, Perdes Narkoba akan berlaku tanggal 1 Januari 2020 ini. Waktu bertaubat dan sosialisasi sudah kita lakukan selama setahun ini, ini saatnya kita bertindak,” ucap Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani ketika memberikan Tali Asih di Kecamatan Barus dan Kecamatan Andam Dewi, hari Jumat (27/12/2019) lalu.

Bagaimana bunyi Perdes Narkoba ini ? Redaksi 1Minutesnews.com beberapa waktu yang lalu sebelum di berlakukannya Perdes Narkoba ini, mendapatkan salinan Perdes Narkoba dalam bentuk draf dari sumber yang layak dipercaya.

Di yakini salinaan dalam bentuk draf ini, tak jauh beda atau sama persis dengan Perdes Narkoba yang telah di berlakukan sejak hari Rabu 1 Januari 2020.

Ini salinan drafnya :
Unduh File PDF nya di sini

perdes narkoba

 

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan