Pelajar Bunuh Begal di Malang Dituntut Pembinaan 1 Tahun

  • Whatsapp
ZA, bersama kuasa hukumnya usai persidangan pembacaan tuntutan

1Minutesnews.com, Malang | Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Kabupaten Malang, Kristiawan SH, menuntut pelajar berinisial ZA yang membunuh begal dengan hukuman pembinaan selama 1 tahun.

Tuntutan ini dibacakan JPU, pada saat sidang tertutup ke-5 perkara tersebut yang digelar di Pengadilan Negeri (PN Kepanjen), Selasa, (21/1/2019) sore.

“Menyatakan ZA telah terbukti dan secara sah dan bersalah melakukan tindak pidana penganiayaan yang menyebabkan matinya orang sebagaimana diatur pada pasal 351 KUHP,” kata JPU Kejari Kabupaten Malang, Kristiawan, SH, saat membacakan amar tuntutan.

Maka dari itu dia melanjutkan, atas tuntutan itu, dilakukan pembinaan terhadap ZA selama 1 tahun di lembaga LKSA Darul Aitam di Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang.

“Hal ini juga dikuatkan dengan fakta persidangan yang kemudian dikuatkan dengan berbagai barang bukti yang juga telah disertakan dalam amar tuntutan,” terangnya.

Sementara itu, Kuasa Hukum ZA, Bakti Riza Hidayat mengatakan, bahwa dari sidang tuntutan ini JPU telah menjelaskan terkait dakwaan primer, dakwaan subsider dan dakwaan lebih subsider.

“Artinya Pasal 340 tentang pembunuhan berencana, Pasal 338 tentang pembunuhan tidak terbukti. Tentunya kami sangat bersyukur terkait hal tersebut,” ungkapnya.

Dengan adanya tuntutan ini, pihaknya, akan tetap menyampaikan pembelaan terhadap kliennya pada sidang berikutnya, yakni besok Rabu (22/01/2020) di PN Kepanjen. (RED)

 

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan