Peduli Anak Jalanan dan Penyandang Difabel, Yayasan SEBAR Tapteng Lakukan Pendataan

  • Whatsapp
Ketua Yayasan SEBAR Samahati Lase saat mendata seorang pekerja bangunan penyandang Difabel

1MinutesNews.COM, TAPTENG | Yayasan Sekata Berbagi (SEBAR) mulai melakukan pendataan kepada anak jalanan dan penyandang disabiltas ( penyandang cacat) dan anak-anak jalanan sejak hari , Minggu (11/12/2019).

Berbagai masalah sosial menghiasi kehidupan perkotaan. Tak terkecuali di Kota Pandan Kab. Tapanuli Tengah .
Mereka yang cacat fisik maupun mental itu tersingkir dan memperjuangkan hak hidup di jalanan.

Peran pemerintah untuk menangani masalah sosial anak jalanan ini tak membuat perubahan berarti.
Sementara itu, Penertiban anak jalanan , tak jarang justru membuat anak-anak jalanan ini ’terbuang’ tanpa diimbangi dengan upaya penanganan lanjutan.

Melihat situasi ini, Yayasan SEBAR melakukan pendataan kepada para penyandan disabilitas dan anak jalanan yang ada di Kab. Tapteng khususnya di Kota Pandan.

Kegiataan pendataan ini bertujuan untuk mendapatkan informasi langsung di lapangan terkait jumlah penyandang disabilitas atau yang lebih dikenal difabel dan para anak jalanan.

“ Pendataan ini bertujuan untuk mendapatkan informasi yang real terhadap keberadaan para saudara kita penyandang difabel dan anak-anak kita yang hidup di jalanan tanpa adanya tempat bernaung,” jelas Ketua Yayasan SEBAR Samahati Lase di Kantornya yang beralamat di Jalan Oswald Siahaan Kelurahan Pandan Kab. Tapteng.

Samahati Lase yang juga merupakan Ketua LSM Sekata menjelaskan, kegiatan ini merupakan program pemerintah dari Kementerian Ketenagakerjaan RI (Kemenaker RI) dan Kementerian Sosial RI Tahun 2020.

“ Yayasan kita bekerjasama dengan Kementerian Ketenagakerjaan RI dan Kementerian Sosial dan akan di realisasikan di Tahun 2020 ini,” ungkap Samahati Lase.

Menurut pengakuan Samahati Lase kepada media 1MinutesNews.COM pada hari Senin (11/12/2019) sudah 60 penyandang difabel yang terdata sementara 50 an anak jalanan juga berhasil di data oleh Yayasan SEBAR. (ast)

 

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan