Gubernur Sebut Bupati Tapteng Penyebab Kemiskinan? BPS Ungkap Fakta Sebenarnya

  • Whatsapp
Kepala BPS Kabupaten Tapteng Drs. Anggiat Sibagariang (Berkacamata) bersama Ketua Kadin Tapteng Abdul Rahman Sibuea

1MinutesNews.COM, TAPTENG | Statement Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyebut rakyat Tapteng miskin karena Bupati Tapteng Bakhtiar Sibarani tak sayang rakyatnya, menuai kontroversi di tengah masyarat.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi di salah satu pemberitaan media daring nasional mengeluarkan pernyataan dan menyebut kemiskinan menjadi persoalan di Tapteng.

Pernyataan ini di ucapkan Gubsu Edy Rahmayadi hari Selasa (17/12/2019) di Aula Raja Inal Siregar Kantor Gubsu Jalan Diponegoro Medan.

Gubsu Edy Rahmayadi juga menilai kinerja Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani tidak memuaskan.

“ Akhirnya saya sekarang mau balik ke Tapanuli Tengah sana, eh bupatinya begitu. Tak cocok jadi bupati, gimana tak miskin rakyatnya? Tak ada sayangnya sama rakyat, kok ia jadi pemimpin?” tutur Edy sesuai dikutip dari laman detik.com.

Untuk mengetahui fakta tudingan dari Gubernur Edy kepada Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani, redaksi 1MinutesNews.COM mengunjungi Badan Pusat Statistik (BPS) Tapanuli Tengah di Jalan N. Daulay Kec. Pandan Kabupaten Tapteng, hari Kamis (19/12/2019).

Lembaga Pemerintah Non Kementerian di pilih sebagai referensi di karena fungsi dan tugasnya adalah Menyediakan kebutuhan data bagi pemerintah dan masyarakat.

Data ini didapatkan dari sensus atau survey yang dilakukan sendiri dan juga dari departemen atau lembaga pemerintahan lainnya sebagai data sekunder.

Kepada Kepala BPS Tapteng, Drs. Anggiat Tulus Sibagariang, redaksi 1Minutesnews.com sengaja tidak memberitahukan kedatangan berkenaan dengan statemen Gubernur Sumut untuk menjaga profesionalisme dalam mencari data.

Redaksi hanya mengatakan maksud kedatangan untuk menanyakan data Angka Kemiskinan dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Tapteng yang menjadi indikator suatu negara/kota/kabupaten adalah maju, berkembang atau terbelakang.

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) / Human Development Index (HDI) adalah pengukuran perbandingan dari harapan hidup, melek huruf, pendidikan dan standar hidup untuk semua negara di seluruh dunia.

“ BPS merupakan tempat yang tepat untuk mengetahui data yang bapak minta,” sambut Anggiat Tulus Sibagariang yang merupakan putra daerah kelahiran Pintu Angin Kota Sibolga, hari Kamis (19/12/2019)

Pria yang baru menjabat sebagai Kepala BPS Tapteng sejak tahun 2017 ini mengakui bahwa Angka Kemiskinan di Kabupaten Tapteng mengalami penurunan.

“ Sejak tahun 2017 memang ada penurunan angka kemiskinan. Walau tidak signifikan tetapi mulai terlihat ada penurunan di banding tahun 2016.

Disebutkan, Tahun 2016 dengan  penduduk miskin di Kabupaten Tapteng 14,58 persen atau sekitar 51 ribu jiwa. Sementara Tahun 2017 dengan jumlah penduduk miskin  tercatat  14,66 persen

Tetapi  di Tahun 2018 jumlah penduduk miskin untuk Kabupaten Tapteng  di sebutkan  mengalami penurunan menjadi  13,17 persen atau sekitar 48 ribuan jiwa dari total jumlah penduduknya  .

Merunut dari data ini, Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani di ketahui menjabat sebagai Bupati Tapteng sejak tanggal 22 Mei 2017.

Jumlah dan Persentase penduduk miskin di Kabupaten Tapteng sesuai data BPS

Artinya dalam kurun waktu dua tahun sejak 2017 hingga 2018, Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani beserta pasangannya Darwin Sitompul berhasil menurunkan angka kemiskinan nyaris 2 digit atau 1,41 persen.

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan