Di Barus Kabupaten Tapteng Akan Di Bangun Gedung Observatorium

  • Whatsapp
Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani hadiri Malam Silaturahmi yang digagas oleh Rektor UMSU Agussani, di Lantai 1 Kampus Pasca Sarjana UMSU

1MinutesNews.COM, MEDAN | Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) akan membangun Gedung Observatorium Ilmu Falak (OIF) di Kedai Gadang ,Barus Kab. Tapanuli Tengah Sumatera Utara.

Hal ini terungkap saat, Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani hadiri Malam Silaturahmi yang digagas oleh Rektor UMSU Agussani, di Lantai 1 Kampus Pasca Sarjana UMSU, Jalan Denai No. 217 Medan, Senin malam (23/12/2019).

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan itu, Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani memaparkan progres pembangunan di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) kurun waktu 2 tahun berjalan sejak kepemimpinannya

Bupati Tapanuli Tengah menyampaikan berbagai terobosan dan pencapaian keberhasilan pembangunan, termasuk pembangunan infrastruktur, bidang Kesehatan, sumber daya manusia, dan ekonomi yang meningkat.

Hal ini ditunjukkan dengan Angka Kemiskinan yang cenderung menurun, yaitu pada tahun 2017 sebesar 14, 66 % dan menurun pada tahun 2018 menjadi 13,17 %. Pada tahun 2019, Angka Kemiskinan di Tapteng menurun menjadi 12,53 %.

“Kita bersyukur kepada Allah SWT, ini merupakan penurunan Angka Kemiskinan paling tinggi kurun waktu 10 tahun terakhir di Kabupaten Tapanuli Tengah. Kita tetap bekerja untuk menurunkan Angka Kemiskinan ini dan mensejahterakan masyarakat Tapanuli Tengah,” ungkap Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani.

Pada kesempatan itu, Bupati Tapanuli Tengah juga memaparkan bahwa telah melakukan penutupan sebanyak 973 tempat maksiat yang selama puluhan tahun beroperasi di Tapteng. Disebutkannya, sekitar Rp. 973 juta uang rakyat Tapteng hilang begitu saja dalam satu malam, jika satu tempat maksiat itu menyedot sekitar Rp. satu juta per hari uang masyarakat.

Terkait pemberantasan Narkoba, Bupati juga menyampaikan bahwa terhitung mulai tanggal 1 Januari 2020 telah ada Peraturan Desa dan Kelurahan bagi pengguna narkoba yang ketahuan terbukti diproses hukum akan diusir selama 15 tahun tidak boleh kembali ke Tapteng dan bagi Bandar dan Pengedar Narkoba akan diusir seumur hidup tidak boleh kembali lagi ke Tapteng.

Lebih lanjut, Bupati Tapanuli Tengah menyampaikan bahwa Pemkab Tapteng telah melakukan pemberian makan bagi 1 orang pendamping Pasien Rawat Inap di RSUD Pandan 3 kali sehari, mendorong profesionalisme dan peningkatan mutu pelayanan RSUD Pandan dan Puskesmas yang ada di Tapteng.

RSUD Pandan sebagai RSUD tipe C telah diakreditasi menjadi Tingkat Utama atau rating level Bintang IV. 23 puskesmas dari 25 puskesmas di Tapteng telah diakreditasi oleh Kementerian Kesehatan dan 2 puskesmas lagi akan disurvei akreditasi pada tahun 2020.

Diakhir pemaparannya, Bupati Tapanuli Tengah mengusulkan kepada Rektor UMSU untuk dapat dibangun gedung Observatorium, yaitu Observatorium Ilmu Falak (OIF).

Gedung Observarium adalah sebuah sarana dengan perlengkapan pengamatan melalui teleskop yang dapat digunakan untuk melihat langit dan benda-benda langit, serta peristiwa yang berhubungan dengan astronomi di alam semesta ini.

Bupati Tapteng Siap Hibahkan Tanah Pribadi Untuk Bangun Gedung OIF

Bentuk dukungan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng) adalah dengan memberikan hibah tanah atas rencana pembangunan gedung OIF tersebut.

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan