Ciri-ciri Ternak Babi Terinfeksi Hog Cholera, Apakah Menular Ke Manusia ?

  • Whatsapp
Ilustrasi pencegahan virus di hewan ternak babi

1MinutesNews.COM, Did You Know | Demam babi klasik (bahasa Inggris: classical swine fever) atau kolera babi (hog cholera) adalah penyakit menular pada babi yang disebabkan oleh Pestivirus C.

 

Nama resmi penyakit ini di tingkat internasional menurut Organisasi Dunia untuk Kesehatan Hewan (OIE) adalah classical swine fever (CSF). Istilah CSF lebih sering digunakan di Eropa, sedangkan hog cholera digunakan di Amerika Serikat.

 

Virus penyebab penyakit ini mengalami perubahan nama beberapa kali. Pada tahun 2000, nama hog cholera virus diubah menjadi classical swine fever virus dan pada tahun 2017 diubah lagi menjadi Pestivirus C.

 

Demam babi klasik ditemukan di Asia, Eropa, Afrika, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Sejumlah negara telah dinyatakan bebas dari penyakit ini, seperti Australia dan Selandia Baru, beberapa negara di Amerika Utara (seperti Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko), Eropa (seperti Belanda, Britania Raya, Jerman, Prancis, dan Spanyol), serta Amerika Selatan (seperti Argentina, Chili, Paraguay, dan Uruguay).

 

Di Indonesia, kasus demam babi klasik pertama kali ditemukan di Sumatra Utara pada tahun 1994 dan mewabah pada tahun 1995. Penyakit ini lalu menyebar provinsi lain di Pulau Sumatra, ke Pulau Jawa, Bali, Kalimantan, hingga Sulawesi.

 

Pada tahun 1997, Pemerintah Indonesia melalui Keputusan Menteri Pertanian Nomor 888/Kpts/TN.560/9/97 menyatakan bahwa penyakit ini telah menyebar di 11 provinsi, yaitu Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Jambi, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Bali, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, dan Nusa Tenggara Timur. Provinsi Papua dan Papua Barat ikut mengalami wabah pada tahun 2006.

 

Pada tahun 2014, Provinsi Sumatra Barat secara resmi ditetapkan bebas dari demam babi klasik melalui Keputusan Menteri Pertanian Nomor 181/Kpts/PD.650/2/2014 tentang Pernyataan Provinsi Sumatera Barat Bebas dari Penyakit Hog Cholera (Classical Swine Fever).

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan