Kenali Gejala, Penyebab dan Pengobatan “ Angin Duduk “ , Penyakit Ini Bisa Bikin Mati Mendadak

  • Whatsapp
Ilustrasi Penyakit Angin Duduk

1MinutesNews.COM, Kesehatan | Jangan samakan angin duduk dengan masuk angin. Karena kedua hal ini berbeda, bahkan gejala angin duduk pun berbeda saat kamu mengalami masuk angin. Hati-hati ini penyakit ini bisa menyebabkan kematian mendadak. Kenali gejala dan penyebab serta cara mengobatinya.

 

Angin duduk atau Angina (istilah kedokteran, red) adalah nyeri dada yang muncul akibat adanya gangguan aliran darah ke jaringan otot jantung. Nyeri dada akibat angin duduk sering kali mirip dengan nyeri dada akibat penyakit lainnya.

 

Kondisi ini bukan merupakan kondisi masuk angin biasa, karena sangat erat hubungannya dengan kondisi jantung Anda.

 

Angina pectoris merupakan istilah medis untuk rasa sakit yang dirasakan pada dada atau ketidaknyamanan yang timbul karenan adanya penyakit jantung koroner.

 

Ketika pembuluh koroner ini mengalami penyempitan, suplai oksigen untuk otot jantung akan terganggu sehingga jantung tidak dapat memompa darah dengan maksimal. Kondisi ini juga dikenal dengan penyakit jantung koroner.

 

Penyebab penyakit jantung koroner adalah pembentukan plak atau tumpukan lemak di pembuluh darah koroner (aterosklerosis). Pembuluh darah koroner yang sudah menyempit tersebut dapat makin menyempit saat penderita melakukan aktivitas.

 

Selain akibat penyakit jantung koroner, angin duduk juga dapat muncul akibat pembuluh darah koroner menyempit sesaat karena otot pembuluh darah yang menegang (angin duduk varian). Angin duduk ini bisa terjadi kapan saja, bahkan ketika seseorang sedang beristirahat.

 

Sejumlah faktor dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner yang menimbulkan angin duduk pada penderitanya. Faktor tersebut di antaranya:
• Kolesterol tinggi
• Diabetes
• Hipertensi
• Stres
• Obesitas
• Merokok
• Kurang berolahraga
• Memiliki keluarga yang pernah mengalami angin duduk
• Laki-laki berusia 45 tahun ke atas atau perempuan 55 tahun ke atas
• Mengonsumsi minuman beralkohol telalu banyak

Untuk menghindari terserang gejala angin duduk, tentu saja kamu harus memahami penyebab angin duduk ini. 1Minutesnews.com pun telah merangkum mengenai gejala angin duduk serta penyebab dan cara mengatasinya dari berbagai sumber artikel kesehatan.

 

Gejala Angin Duduk

Dikarenakan termasuk dalam gangguan penyakit jantung, maka gejala angin duduk ini pun lebih banyak menyerang pada bagian dada. Mulai dari sesak napas dan juga nyeri.

Namun bukan hanya sesak napas dan juga nyeri yang kamu rasakan, ada beberapa gejala angin duduk lain yang bisa kamu derita. Berikut ini gejala angin duduk yang bisa kamu alami:

1. Nyeri pada dada, leher, rahang, lengan kiri dan punggung. Awal kamu merasakan nyeri memang terjadi di dada. Akan tetapi nyeri yang kamu alami ini nantinya bisa menjalar pada leher, rahang, lengan kiri dan juga punggung.
2. Sesak napas. Karena adanya penyempitan aliran darah, otomatis kamu akan mengalami kesulitan bernapas. Akibatnya sudah pasti sesak napas yang akan kamu alami.
3. Mudah lelah. Bukan hanya sesak napas saja, gejala angin duduk pun bisa mengakibatkan tubuh kamu mudah lelah.
4. Mual dan pusing. Gejala angin duduk lainnya ialah kamu akan mengalami mual dan juga pusing. Mual dan pusing yang dialami ini akibat dari tubuh yang merasa lelah tapi terus terforsir.
5. Mengeluarkan keringat yang berlebihan pun bisa menjadi salah satu gejala angin duduk yang kamu alami.

 

Pada kasus tertentu, angin duduk tidak dapat hilang walaupun sudah beristirahat dan minum obat, atau timbul saat seseorang sedang beristirahat. Angin duduk jenis ini disebut dengan angin duduk tidak stabil.

 

Loading…

 

Kapan harus ke dokter ?

Bila menderita diabetes atau hipertensi, yang merupakan faktor risiko terjadinya penyakit jantung koroner, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan.

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan