Jelang Pengumuman Menteri, Hingga Hari Ini Pukul 15.00 WIB, 23 Tokoh di Undang Ke Istana Ke Presidenan, Termasuk Yassona Laoly, Ini Daftarnya

  • Whatsapp
Istana Kepresidenan RI

1MinutesNews.COM, JAKARTA | Formasi Kabinet Kerja Jilid 2 pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin sedikit demi sedikit terkuak. Tercatat 23 nama telah datang ke Istana Kepresidenan RI sejak hari Senin (21/9/2019) hingga Selasa (22/9/2019) pukul 15.00 WIB.

Di antara nama-nama tersebut, ada wajah-wajah lama seperti Sri Mulyani dan Basuki Hadimuljono, Yassonna Laoly, Budi Karya. Sri Mulyani adalah Menteri Keuangan dan Basuki Hadimuljono adalah menteri i Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada periode pertama Jokowi.

Mereka datang dengan mengenakan kemeja putih lengan panjang, persis seperti yang Presiden Jokowi gunakan sehari-hari, mereka mengaku diberi tugas untuk mengemban jabatan pada pemerintahan periode 2019-2024.

 

Berikut daftar lengkap 19 calon menteri

 

Hari Senin Tanggal 21 Mei 2019.

1. Mahfud MD
Mahfud MD menjadi tokoh pertama yang datang ke Istana.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD mengaku diminta Presiden Jokowi sebagai salah seorang menteri di periode ini. Dirinya tiba pukul 09.30 WIB dengan mengenakan kemeja putih dan celana warna hitam.
Namun, dirinya tidak memberi tahu posisi menteri apa yang akan ia emban.
Mahfud mengatakan ia dan Jokowi membahas masalah hukum, politik, dan keagamaan dalam pertemuan kemarin.

“Bisa di hukum, politik, agama. Kan saya selama ini memang disebut-sebut jadi Menkumham, Jaksa Agung, Menteri Agama,” kata Mahfud.

2. Tetty Paruntu

Selanjutnya, yang hadir ke Istana adalah Christiany Eugenia Paruntu atau Tetty Paruntu. Bupati Minahasa Selatan dua periode ini tiba di Istana sekitar pukul 10.15 WIB, juga mengenakan kemeja putih.

Bupati Minahasa Selatan, Christiany Eugenia Tetty Paruntu, juga turut hadir ke Istana Negara sekitar pukul 10.00 WIB. Namun, ternyata Tetty datang bukan untuk bertemu Presiden Joko “Jokowi” Widodo. Dirinya datang guna bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang pada hari itu juga datang ke Istana.
Tetty tak terpantau keluar Istana oleh awak media.

 

Belakangan, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin menyebut, Tetty datang ke Istana tidak atas undangan Jokowi.

 

3. Nadiem Makarim

Founder Gojek yang baru saja mundur dari posisi CEO, Nadiem Makarim, juga turut hadir di Istana Negara pukul 10.15 WIB. Dirinya juga ditawari sebagai menteri oleh Jokowi. Atas permintaan Jokowi tersebut dirinya memilih mundur dari Gojek.

Terkait posisi apa yang akan dijabatnya dalam kabinet, Nadiem belum ingin berbicara jauh. Menurutnya posisi menteri adalah hak prerogatif dari Presiden.

Nadiem belum mau menyebut dia ditunjuk sebagai menteri apa. Namun, ia menyatakan sudah mundur dari posisinya sebagai CEO Gojek.

 

4. Erick Thohir

Bos Mahaka Group Erick Thohir juga bertandang ke Istana Negara hari ini pukul 11.11 WIB. Dirinya mengaku telah ditunjuk oleh Presiden Jokowi untuk mengemban jabatan sebagai salah satu menteri di sektor ekonomi.

 

Saat Pilpres 2019, Erick adalah Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin.
Bos Mahaka Group ini pun menyatakan siap meninggalkan perusahaan yang ia pimpin. “Karena tak boleh conflict of interest, tentu harus mundur meskipun berat secara pribadi,” kata dia.

 

5. Wishnutama

Komisaris Utama NET Mediatama Televisi Wishnutama juga datang ke Istana bersamaan dengan datangnya Erick Tohir. Dirinya mengaku sudah diminta Presiden Jokowi untuk menjadi menteri Kabinet Kerja jilid II.

Terkait posisi, Wishnu mengatakan bahwa dirinya akan diposisikan untuk meningkatkan kemampuan kreativitas di Indonesia dan peningkatan devisa. Dirinya juga melepas diri dari jabatan di NET dan Kumparan.

6. Tito Karnavian

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian juga turut menghadap Presiden Jokowi dan tiba di Istana Negara pukul 12.10 WIB. Tito dikawal oleh lima orang ajudannya dan didampingi Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Moh Iqbal.
Tak terkait dengan posisi menteri, Tito mengatakan kehadirannya berkaitan dengan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

“Dipanggil Presiden. Tapi saya kira ini mengenai situasi kamtibmas ya,” kata Tito kepada wartawan sebelum pertemuan. Setelah itu, Tito tidak terpantau keluar Istana lewat pintu tempat awak media menunggu.

 

7. Airlangga Hartarto

Menteri Perindustrian periode 2014-2019, Airlangga Hartarto, turut hadir ke Istana Negara karena dipanggil Jokowi. Tak terlihat kapan dia masuk ke Istana tapi Airlangga terlihat keluar pada pukul 13.40 WIB.

Airlangga mengaku diminta oleh Jokowi tetap sebagai menteri di kabinet dan memegang sektor ekonomi. Terkait pos menteri yang akan diembannya, dirinya memilih bungkam. Dia juga menyebut masalah posisi menteri adalah hak prerogatif Jokowi sebagai presiden.

8. Pratikno
Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) periode 2014-2019 Pratikno juga terlihat berlalu lalang di Istana Negara sekitar pukul 14.05 WIB. Namun belum jelas apakah kedatangannya dalam rangka menemui Presiden Jokowi atau tidak. Mantan rektor UGM ini disebut-sebut berpotensi untuk kembali menduduki jabatan sebagai Mensesneg.

9. Fadjroel Rachman
Komisaris Utama Adhi Karya Fadjroel Rachman tiba di Istana bersamaan dengan Menteri Sekretaris Negara pada kabinet kerja 2019-2024 Pratikno serta mantan Staf Khusus Presiden Nico Harjanto.

Mereka bertiga kompak mengenakan kemeja putih lengan panjang. Ketika ditanya kesiapannya jika jadi menteri, ia pun menjawab bersedia, bila memang dipercaya oleh Jokowi.

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan