Nilai Kab.Tapteng Berhasil Tangani PMKS , Kadis Sosial Madina Kunjungi Rumah Singgah

  • Whatsapp
Kadis Sosial Kabupaten Madina M. Taufik Lubis mengunjungi Rumah Singgah milik Pemkab Tapteng di sambut Kadis Sosial Pemkab Tapteng Parulian Sojuangan Panggabean

1MinutesNews.COM, Tapteng | Kepala Dinas (Kadis) Sosial Kab. Madina H.M. Taufiq Lubis,SH,MM mengunjungi Rumah Singgah bagi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) milik Pemkab. Tapanuli Tengah di Kompleks RSU Pandan hari Kamis (26/9/2019) pukul 15.00 WIB.

Kedatangan rombongan Kadis Sosial Kabupaten Madina ini disambut langsung Kadis Sosial Kabupaten Tapteng Parulian Sojuangan Panggabean, SE,M.Si bersama dengan petugas di Rumah Singgah yang dikelola instansinya.

 

Tujuan dari rombongan Dinas Sosial Kabupaten Madina adalah ingin belajar dengan Dinas Sosial Kabupaten Tapteng terkait penganan PMKS diantaranya Pekerja Seks Komersial (PSK), Orang Dengan Ganguan Jiwa (OGDJ).

 

Kadis Sosial Kab. Madina M. Taufiq Lubis,SH,MM, megaku bahwa dirinya telah mendengar informasi atas keberhasilan Pemkab Tapteng melalui Dinsos Tapteng menangani PMKS.

 

“ Saya mengapresiasi keberhasil Pemkab Tapteng khususnya Dinas Sosial yang dipimpin oleh Pak Parulian Panggabean bisa membuat Rumah Singgah di daerah ini. Seharusnya, setiap kabupaten memang harus memliki Rumah Singgah bagi penyandang PMKS, tetapi terbentur anggaran,” jelas M. Taufiq Lubis.

 

Kadis Sosial Kabupaten Madina M. Taufiq Lubis mendengar penjelasan dari Sekretaris Dinsos Tapteng Maharni Sitompul  tentang Rumah Singgah di dampingi Kadis Sosial Kabupaten Parulian Sojuangan Panggabean

Kehadiran Rumah Singgah di Tapteng tanpa membangun gedung baru menjadi pelajaran bagi Dinas Sosial Kabupaten Madina dalam mensiasati kendala anggaran.

 

“ Cara Pemkab Tapteng melalui Dinsos Tapteng mensiasati anggaran tetapi bisa memiliki Rumah Singgah merupakan suatu terobosan dan menjadi masukan bagi kami. Di sini (Rumah Singgah, red) kami juga belajar bukan hanya PSK saja yang ditampung, ODGJ juga ternyata di terima,” lanjut M. Taufiq Lubis.

 

Kepedulian dan dukungan Bupati Tapteng juga membuat Kadis Sosial Kabupaten Madina ini mengancung jempol.

 

“ Luar biasa kepedulian Pak Bupati Tapteng mendukung langkah dari Dinas Sosial. Saya juga mendapatkan informasi, Pak Bupati mau datang langsung malam hari memeriksa kesiapan petugas dan penghuni rumah singgah ini, “ lanjutnya.

 

Loading…

Terpantau, M. Taufik Lubis di dampingi Kadis Sosial Kab. Tapteng, Parulian Sojuangan Panggabean melihat ruangan khusus ODGJ dan dilanjutkan dengan melihat dan berinteraksi dengan penghuni PSK.

 

Parulian Panggabean di dampingi sekretaris Dinsos Tapteng Maharni Sitompul  juga menjelaskan kepada rombongan dari Madina ini, tata cara dan langkah yang ditempuh mulai dari serah terima PMKS hasil razia Satpol PP hingga penempatannya di Rumah Singgah.

Salah seorang penghuni ruangan ODJG (tidak waras,red) berjenis kelamin wanita diketahui beralamat dan warga Kabupaten Madina. Terhadap hal ini, M. Taufiq Lubis meminta kepada Kadis Sosial Tapteng agar menyiapkan datanya untuk diserahkan kepada Dinsos Madina selanjutnya diserahkan kepada keluarganya di Madina.

 

“ Kami tadi dapat info, salah seorang ODGJ merupakan warga Kab. Madina. Say sudah kordinasi dengan Pak Kadis (Parulian,red) agar diserah terimakan kepada kami untuk selanjutnya kami serahkan kepada pihak keluarganya,” tutup M. Taufiq.

 

Untuk diketahui, Rumah Singgah milik Pemkab Tapteng yang dikelola oleh Dinsos Tapteng adalah satu-satunya Rumah Singgah di Provinsi Sumatera Utara. (ast)

                <script async src="https://click.advertnative.com/loading/?handle=3807" ></script>
loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan