Minta Kegiatan Sejenis Tiap Bulan, Wakil Bupati Tapteng Lepas Peserta World Cleanup Day 2019

  • Whatsapp
Di lepas Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul, peserta WDC bersihkan sampah di Pantai Indah Pandan

1MinutesNews.COM , TAPTENG | Wakil Bupati Tapanuli Tengah, Darwin Sitompul melepas ratusan peserta World Cleanup Day (WCD) 2019 di gerbang Pantai Indah Pandan (PIP), Sabtu (21/9/2019) pagi.

 

Ratusan peserta berasal dari berbagai komunitas, instansi kedinasan dan para pekerja kebersihan serta individu dan para aktivis lingkungan.

Aksi bersih sampah di Pantai Indah Pandan dalam rangka kegiatan WDC 2019

World Cleanup Day ini adalah gerakan yang diinisiasi oleh Let’s Do It World (www.letsdoitworld.org) sebuah NGO dari Estonia tahun 2008. Saat ini ada hampir 150 negara yang sudah bergabung dalam gerakan Lets Do It ini termasuk Indonesia

 

Loading…

Dalam sambutannya, Darwin mengapresiasi aksi bersih ini. Dia berharap ini tidak hanya digelar sekali setahun.

 

” Dengan adanya kegiatan ini semoga menjadi motivasi bagi masyarakat agar peduli dengan Lingkungan . Kalau boleh ini rutin, kalau perlu sekali sebulan,” katanya.

 

Wakil Bupati menyebut persoalan sampah menjadi masalah pelik, apalagi di kawasan sungai dan laut.

 

“Dimana-mana sekarang sampah. Sampah ini yang paling rawan bukan depan rumah, di laut dan di sungai, karena disanalah muara sampah yang dibuang,” ungkapnya.

 

Dia mengajak agar semakin meningkatkan kesadaran tentang kebersihan. Pola hidup sehat menurutnya menjadi syarat tumbuhnya kesadaran ini.

“Seperti di negara-negara luar, kebiasaan hidup mereka yang selalu sehat, naik sepeda kemana-mana, ini karena polusi yang salah satunya berasal dari sampah sangat minim,” ujarnya.

Sementara itu, saat diwawancara awak media, Wakil Bupati menambahkan komitmen pihaknya mendukung aksi-aksi serupa.

 

“Kalau bisa kita rutin di tiap kecamatan, di pasar-pasar, disana kita sekalian sosialiasi agar pedagang dan masyarakat yang beraktifitas menjaga kebersihan,” ucapnya.

Sementara itu disinggung soal komitmen lintas pihak terutama para pengembang perumahan, Wakil Bupati menegaskan pihaknya akan melayangkan surat. Agar kepastian tempat sampah terjamin.

 

“Kita akan surati pengembang-pengembang nanti agar mereka menyediakan tempat sampah,” tegasnya. (ast)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan