Peringatan Pekan ASI Se Dunia, Hj. Nursyam : Dukung Ibu Sukses Menyusui

  • Whatsapp
Kadis Kesehatan Tapteng Hj. Nursyam SKM foto bersama peserta seminar Pekan ASI Se Dunia di Kabupaten Tapteng



1MinutesNews.COM, Tapteng | Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Tapanuli Tengah (Kab. Tapteng) Hj. Nursyam, S.K.M, M.Kes membuka secara resmi Sosialisasi dalam rangka memperingati Pekan Air Susu Ibu (ASI) Sedunia Tahun 2019 di RSUD Pandan, Rabu (07/08/2019).

“Misi dalam memperingati Pekan ASI sedunia adalah memperjuangkan pemenuhan hak anak atau bayi akan kebutuhan air susu ibu hingga berusia 24 bulan atau lebih. Pekan ASI Sedunia tahun 2019 mengangkat tema Global, Empower Parents Enable Breasfeeding, sedangkan tema Nasional di Indonesia adalah Ayah dan Ibu Kunci Keberhasilan Menyusui. Slogannya yaitu Ayo dukung ibu sukses menyusui,” kata Kadis Kesehatan Kab. Tapteng Nursyam, S.K.M, M.Kes dalam sambutannya di Puncak Pekan ASI Se Dunia yang di mulai 1 hingga 7 Agustu 2019 setiap tahunnya.

Loading…


Pekan ASI Sedunia tahun 2019 difokuskan pada kebijakan dan peraturan tentang perlindungan sosial orangtua, tempat kerja ramah orangtua, dan norma sosial kesetaraan gender. Dalam rangka Pekan ASI Sedunia tahun 2019 ini, seluruh pihak turut berperan serta dalam upaya memperdayakan keluarga, terutama ayah dan ibu agar ibu dapat menyusui sesuai rekomendasi pemberian makan bayi dan anak.

“ Jika ibu menyusui, kondisi gizinya kurus maka ini akan mempengaruhi kecukupan ASI yang dibutuhkan oleh bayi, akibatnya makin lama ibu menyusui tersebut akan mengalami gizi yang semakin buruk. Untuk itu, perlu adanya dukungan kepada ibu menyusui untuk memberikan ASI sampai usia 2 tahun ,” lanjut Nursyam.



Nursyam juga menjelaskan bahwa selaras dan mendukung visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Tapteng yang tertuang dalam RPJMD Kab. Tapteng tahun 2017-2022.

“Diharapkan dengan melaksanakan berbagai kegiatan Pekan ASI Sedunia Tahun 2019 ini, kita dapat mengkampanyekan tentang pentingnya menyusui dan melakukan aksi bersama untuk mencapai Sustainable Developmen Goals (SDGs) pada tahun 2030,” pungkasnya.


Diakhir acara, Kadis Kesehatan Kab. Tapteng, Kabid Kesmas, dan Dokter Spesialis Anak dari RSUD Pandan (dr. Fadly Syahputra, M Ked, Sp.A) menyerahkan Sertifikat ASI Ekslusif kepada Bayi usia lebih dari 6 bulan dan Pemilihan Duta ASI Kab. Tapteng Tahun 2019.

Peserta Kegiatan Ibu Menyusui yaitu bayi 20 orang, Pendamping Ibu Menyusui 20 orang. Acara ini juga dihadiri oleh Tim Penggerak (TP) PKK Kab. Tapteng, Kadis Kesehatan Kab. Tapteng dan jajarannya, RSUD Pandan, Akper Pemkab Tapteng. (Rel )



loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan