2 Tahun Bakhtiar Sibarani Menjabat Bupati, 70 Persen Warga Tapteng Telah Miliki JKN

  • Whatsapp
Sebanyak 70 persen warga Kabupaten Tapteng telah mendapatkan JKN


1MinutesNews.COM, Tapteng | Dari 357.918 jiwa jumlah penduduk Kabupaten Tapteng, 70 persen sudah menerima dan memiliki asuransi kesehatan gratis atau Kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Darwin Sitompul resmi dilantik Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi di Aula Martabe Lantai II Kantor Gubernur Sumatera Utara dua tahun yang lalu, tepatnya tanggal 22 Mei 2019.

Selama masa kepemimpinan Bakhtiar Ahmad Sibarani, program-program yang langsung menyentuh masyarakat mulai menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan.

Salah satunya adalah hak masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan gratis.

Saat awal menjabat sebagai Bupati Tapteng, Tingkat Kemiskinan di kabupaten Tapteng sesuai data statistik tahun 2017 telah mencapai 14,6 persen dari jumlah penduduk di Kabupaten Tapteng.

Tentunya “warisan” Tingkat Kemiskinan dari pendahulunya, membuat Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani harus membuat teroboson program agar pelayanan kesehatan masyarakat di Kabupateng Tapteng, tidak terkendala akibat faktor Tingkat Kemiskinan ini.

Loading…

Hasilnya dalam dua tahun saja, 189.339 jiwa warga Kabupaten Tapteng telah memiliki Kartu JKN atau dikenal dengan BPJS Kesehatan kategori PBI.

“ Alhamdulilah, berkat dukungan Pak Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani, sudah lebis 70 persen warga Tapanuli Tengah terlayani kesehatannya secara gratis. Target Pak Bupati, tahun 2020 ini semua masyarakat Tapteng kategori tidak mampu sudah 100 persen memiliki JKN ,” jelas Kadis Kesehatan Hj. Nursyam, S.K.M.M.Kes hari Selasa (20/8/2019).

Dari data Hj. Nursyam, SKM tercatat 189.339 jiwa memiliki kartu JKN dengan rincian 156.908 jiwa masuk tanggungan Pemerintah Pusat (PBI-APBN), 7.833 jiwa masuk tanggungan Provinsi (PBI-APBD) dan 24.548 jiwa masuk tanggungan APBD Kab. Tapteng (PBI-APBD).

Tak sampai disini saja, bagi masyarakat yang belum memiliki Kartu JKN atau BPJS PBI, Pemkab Tapteng melalui Dinas Kesehatan juga telah menanggung pasien kategori tidak mampu dengan menerbitkan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM).

“ Sejak bulan Januari – Agustus 2019 ini, kita sudah melayani 1.750 pasien tidak mampu untuk mendapatkan pengobatan di rumah sakit daerah.,” lanjut Hj. Nursyam,S.K.M.

Perbedaannya menurut Hj. Nursyam, kalau SKTM hanya berlaku untuk di rumah sakit atau pelayanan kesehatan milik pemerintah Kabupaten Tapteng. (ast)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan