Pengguna Narkoba Dipenjara Atau Direhabilitasi? Ini Aturan Sesuai Edaran MA

  • Whatsapp
Ilustrasi

1MinutesNews.COM, Medan | Kasus Komedian Tri Restno Prayudati alias Nunung sebagai tersangka kasus narkotika kembali di perbincangkan publik. Sebagai pecandu narkoba Nunung berhak mendapatkan rehabilitasi narkoba.

Ninik Rahayu selaku anggota Ombudsman RI menyoroti hal ini.

“Penangkapan komedian Indonesia, Tri Retno Prayudati alias Nunung, akan menambah daftar panjang penghuni lapas jika sistem rehabilitasi belum menjadi program prioritas pemerintah dalam menangani perkara penyalahgunaan narkoba. Sebagaimana data saat ini jumlah penghuni lapas mengalami overcrowded, dengan 50% dari kurang-lebih 250 ribu pelaku tindak pidana narkoba,” kata anggota Ombudsman RI Ninik Rahayu dikutip dari laman detik.com

Bukan lah mudah untuk masuk dalam program rehabilitasi ini.

Beberapa rambu-rambu dan syarat haruslah dipenuhi agar pengguna narkoba di sebut sebagai “pecandu” dan mendapatkan program rehabilitasi.

Salah satunya mengenai banyaknya barang bukti yang ditemukan saat si pengguna narkoba di “amankan “ petugas hukum.

Berikut rambu-rambu penanganan kasus pecandu narkoba:

1. Pecandu Wajib Lapor

Merujuk pada UU No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, Pasal 54 menyatakan pecandu narkotika dan korban penyalahgunaan narkotika wajib menjalani rehabilitasi medis dan sosial. Rehabilitasi medis yakni terkait pengobatan dan pemulihan kesehatan. Sedangkan rehabilitasi sosial terkait pemulihan sosial dan mental pecandu narkoba.

Lalu pada Pasal 55 menyebutkan permohonan rehabilitasi ini dilaporkan oleh si pecandu atau keluarga ke lembaga rehabilitasi medis dan sosial. Sedangkan untuk pecandu narkoba di bawah umur, dilaporkan oleh walinya.

Wajib lapor itu bisa dilakukan secara online di website BNN. Melalui laman tersebut, pemohon bisa terlebih dahulu membuat akun pengguna dengan mengisi biodata menggunakan kartu identitas. Bisa menggunakan KTP, SIM atau Paspor.

Kemudian, usai membuat akun dan log in, langkah selanjutnya ialah mengisi formulir pendaftaran yang sudah tersedia. Pemohon harus membaca dan memahami petunjuk pengisian dengan baik dan saksama.

2. Bagaimana bila pecandu itu tidak melapor dan tertangkap aparat?

Bagi pecandu yang tertangkap aparat, akan dilakukan penyelidikan. Apakah murni pecandu, atau memang terkait sindikat. Bila terkait sindikat, maka ia tetap diproses secara hukum dan diproses hingga pengadilan.

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan