Bela Warga Tapteng ,Parlaungan Silalahi,SH Somasi Bupati Paluta, Ini Sebabnya

  • Whatsapp
Ketua-LKBH-Sumatera-Parlaungan-Silalahi-SH

1MinutesNews.COM, TAPTENG | Parlaungan Silalahi, SH mengirim surat Somasi kepada Bupati Padang Lawas Utara Andar Amin Harahap karena telah mengeluarkan Surat Izin Cerai kepada salah seorang PNS di lingkungan Pemkab Padang Lawas Utara (Paluta).

Selain melayangkan Surat Somasi, Parlaungan Silalahi,SH dari Kantor LEMBAGA KONSULTASI BANTUAN HUKUM SUMATERA ( LKBH-SUMATERA ) yang berpusat di Kabupaten Tapanuli Tengah juga melayangkan Surat Permohonan Pembatalan Surat Izin Cerai No : 810/166/K/2019 tanggal 29 Mei 2019.

Tindakan ini diambil Parlaungan Silalahi, SH karena dirinya merupakan kuasa hukum dari Rikawaty Situmorang Binti Hisar Situmorang (35) yang merupakan salah seorang ASN berprofesi sebagai Guru SMK Negeri 1 Sarudik Kabupaten Tapanuli Tengah.

 

Disebutkan Rikawaty Situmorang adalah warga Jalan Baru Lingkungan I, Kelurahan Aek Tolang, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah.

Penerbitan Surat Izin Cerai ini menurutnya juga  bertentangan dengan Pasal 5 Peraturan Pemerintah No : 45 Tahun 1990 atas perubahan Peraturan Pemerintah No : 10 Tahun 1983 Tentang Izin Perkawinan dan Perceraian bagi Pegawai Negeri Sipil ( PNS ).

 

Dalam relese press yang diterima redaksi, Parlaungan Silalahi, SH menyebutkan bahwa terbitnya Surat Izin Cerai yang diterbitkan oleh Bupati Padang Lawas Utara adalah Perbuatan Melawan Hukum.

“ Bahwa atas terbitnya surat izin cerai yang bernomor : 810 / 166 / K / 2019 Tertanggal 29 Mei 2019 sehingga berdampak buruk dan mengakibatkan perpecahan di rumah tangga klien kami Rikawaty Situmorang dimana kedua-duanya antara suami istri adalah Aparatur Sipil Negara (ASN) seharusnya yang menjadi contoh mencerminkan Moral yang baik dan panutan yang baik ditengah-tengah masyarakat dan terkhusus dikalangan Pemerintahan Kabupaten Padang Lawas Utara,” tulis Parlaungan Silalahi di Surat Somasi yang dilayangkannya.

Menurut Parlaungan Silalahi,SH , keluarnya Surat Izin Cerai dari Bupati Paluta ini tanpa terlebih dahulu mengkonfirmasi ke dua belah pihak yang hendak bercerai.

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan