Lagi… Polres Sibolga Sikat Pelaku Illegal Loging di Duga Hasil Pembalakan di Hutan Lindung

Kayu olahan yang di duga hasli illegal loging (Foto Humas Polres Sibolga)

1MinutesNews.COM, SIBOLGA | Satuan Tugas Khusus (Satgassus) Polres Sibolga kembali menangkap pelaku illegal loging dengan insial SS (59) warga Jalan KH.Ahmad Dahlan/Jl. Midin Hutagalung No. 24 Kelurahan Aek Habil Kota Sibolga.

Penangkapan ini berawal saat sebuah mobil jenis Mitsubishi L300 dengan nopol BA 8734 DC dihentikan personel Satgassus di Jalan KH. Zainul Arifin Kelurahan Simare-mare Sibolga, hari Selasa (7/5/2019) pukul 15.00 WIB.

Petugas menghentikan mobil ini karena membawa muatan kayu jenis Meranti yang di duga illegal alias tidak ada dokumen asal-usul kayu.

Dugaan ini terbukti, sebab si pengemudi yang tak lain adalah SS adalah pemilik kayu dan pemilik mobil. Saat dipertanyakan dokumen asal kayu, tersangka SS tidak bisa memperlihatkan dan mengaku kayu yang sudah di olah dalam bentuk lembaran papan ini diperoleh dari Desa Pargadungan Kecamatan Tapian Nauli.

“ Kayu diperoleh dari seseorang yang identitasnya sudah kita ketahui berasal dari Desa Pargadungan. Tersangka (SS,red) mengaku telah membeli sebanyak 2 kali. Kayu akan dijual kembali oleh tersangka,” jelas Kapolres Sibolga, AKBP. Edwin H Harianja, SIK melalui Kasubbag Humas Iptu Sormin, S.Ag dalam press relese tertulisnya hari Selasa (14/5/2019).

Barang bukti mobil colt diesel BA 8374DC yang dipergunakan untuk mengangkut kayu olahan di duga hasil illegal loging (Foto Humas Polres Sibolga)

Tersangka tidak dilakukan penahanan, tetapi polisi menduga tersangka melanggar pasal 83 ayat (1) huruf b Jo pasal 12 ayat 1 huruf e Undang undang RI no 18 tahun 2013 tentang Pencegahan dan pemberantasan pengrusakan hutan dengan ancaman hukuman paling singkat 1 tahun dan paling lama 5 tahun dam denda paling ringan Rp 500.000.000 (limaratus juta) dan paling berat Rp 2.500.000.000 ( dua milyar lima ratus juta).

Satgassus Polres Sibolga juga menahan barang bukti :
a. 1 unit mobil mitsubishi L 300 warna hitam BS 8374 DC.
b. 20 lbr kayu ukuran 2 cm x 20 cm x 200 cm.
c. 62 lbr kayu ukuran 4 cm x 25 cm x 200 cm.

Untuk diketahui, Pembalakan liar atau penebangan liar (bahasa Inggris: illegal logging) adalah kegiatan penebangan, pengangkutan dan penjualan kayu yang merupakan bentuk ancaman faktual disekitar perbatasan yang tidak sah atau tidak memiliki izin dari otoritas setempat. (REL HUMAS POLRES SIBOLGA/AST)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.