Nikmati Hasil Curian Maling, Pria Asal Sibolga Lebaran di Penjara

Tersangka ESS , penadah hasil curian beserta sisa hasil penjualan saat di RPT Polres Sibolga. (Foto Humas Polres Sibolga)
banner 468x60

1MinutesNews.COM, SIBOLGA | Masrida Simanjuntak (41) warga Jalan SM. Raja Gang Kenanga Kota Sibolga kehilangan dompet berisi uang dan perhiasannya , di duga dicuri dari dalam kamarnya. Ironisnya, ESS (30) tetangganya yang memergoki aksi maling ini malah mengambil kesempatan.

Peristiwa ini bermula , hari Sabtu (27/4/2019) saat tersangka mendengar ada keributan di gang rumah korban yang juga tetangganya.

Bacaan Lainnya
banner 300250

“ Ketika berada di dalam kamar, tersangka mendengar ada keributan di gang rumah korban. Saat itu tersangka melihat dua anak di bawah umur (identitas sudah diketahui polisi,red) membuang dompet bewarna kuning ke arah sungai,” jelas Kapolres Sibolga, AKBP. Edwin H Harianja, SIK melalui Kasubbag Humas Iptu Sormin, S.Ag dalam press relese tertulisnya hari Minggu (12/3/2019).

Bukannya tersangka memberitahukan hal ini kepada korban bahwa ada seseorang yang membuang dompet ke sungai.

Tersangka yang melihat hal ini dan mengetahuI di sungai tersebut ada 2 (dua) orang bocah yang sedang bermain air malah menyuruh untuk mengambilkan dompet tersebut.

“ Tersangka lalu memerintahkan ke dua bocah tersebut untuk mengambil dompet yang di buang seseorang itu. Ternyata dua bocah ini mengetahui bahwa di dalam dompet ada uang. Mengetahui hal ini, tersangka menyuruh ke dua bocah masuk ke dalam rumahnya dan membuka dompet tersebut,” lanjut Iptu Ramadhan Sormin.

Setelah dompet dibuka tersangka, diketahui berisikan uang sebesar Rp. 850 ribu dan satu buah gelang emas beserta dengan suratnya. Tersangka selanjutnya membagi uang tersebut kepada ke dua bocah sementara dirinya sendiri mengambil bagian uang sebesar Rp. 150. ribu.

 

Sementara gelang emas dan suratnya diambil tersangka dan dompet tersebut di buang kembali ke sungai.

Gelang emas di jual tersangka seharga Rp.10 juta. Dari pengakuan tersangka kepada pihak kepolisian uang tersebut telah digunakan untuk keperluan hidup sebsar Rp. 3 juta dan Rp. 5 juta di gunakan untuk bermain judo. Sisanya Rp. 2 juta berhasil diamankan dari tangan tersangka.

Sebelum hal ini dilaporkan korban hari Selasa (7/5/2019) kepada pihak kepolisian, pihak keluarga tersangka dan korban sudah berupaya memanggil tersangka mempertanyakan hal ini hari Rabu (2/5/2019). Sayangnya tersangka hanya mengakui menerima bahagian uang dan mengingkari adanya gelang emas.

“ Tersangka dihubungi keluarganya dan korban guna mempertanyakan hal ini. Tetapi tersangka mengatakan bahwa uang memang ikut menadapatkan bagian tetapi kalau emas tidak ada ,” papar Sormin.

Akibat peristiwa pencurian ini, Masrida Simanjuntak menderita kerugian dengan total Rp. 12 juta.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, ESS yang berprofesi sebagai nelayan ini ditahan di RTP Polres Sibolga.

Polisi menjerat tersangka dengan dugaan melanggar pasal 480 KUHPidana dengan ancaman hukuman 4 tahun. (Rel Humas Polres Sibolga/AST)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan