Bawaslu Keberatan Hasil Pleno KPU Kabupaten Tapteng di Badiri, Rapat di Skor

  • Whatsapp
PPK Kecamatan Badiri saat memperlihatkan dokumen penghitungan suara kepada Ketua Bawaslu Setiawati Simanjuntak (Foto Agus/1MNC)

1MinutesNews.COM, TAPTENG | Ketua Bawaslu Kab. Tapteng Setia Wati Simanjuntak mengajukan keberatan atas hasil Rekapitulasi Penghitungan Suara Tingkat Kabupaten di Kecamatan Badiri saat Pemilu 2019, Jumat (3/5/2019).

Perisitiwa ini terjadi , usai Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Badiri membacakan hasil rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 untuk Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara Tingkat Kabupaten Tapteng.

Komisioner KPU Yudi Sandi Nasution yang memimpin Rapat Pleno untuk Kecamatan Badiri mempertanyakan kepada para saksi-saksi baik dari Partai, Saksi Pasangan Capres maupun Saksi dari DPD tanggapannya terhadap hasil penghitungan suara di Kecamatan Badiri.

“ Apakah ada tanggapan atau keberatan para saksi atas hasil penghitungan suara di kecamatan Badiri ? “, tanya Yudi di GOR Pandan hari Jumat sekira pukul 16.10 WIB.

Ketua Bawaslu Tapteng, Setiawati Simanjuntak (lingkaran merah), mengajukan keberatan atas Hasil Rapat Pleno Penghitungan suara di Kecamatan Badiri (Foto : Agus/1MNC)

Semua saksi-saksi terlihat diam dan tidak memberikan tanggapan, tetapi saat pertanyaan yang sama di tujukan kepada pihak Bawaslu Tapteng, Ketua Bawaslu Tapteng Setiawati Simanjuntak  menyatakan agar hasil rekapitulasi penghitungan suara di kecamatan Badiri di koreksi karena adanya ketidak sesuaian data.

“ Untuk Tingkat DPRD Provinsi dan DPR RI banyak temuan kami Pak, tetapi untuk perolehan suara di Tingkat Kabupaten (DPRD) beberapa TPS saja, kami memiliki bukti terkait hal ini dan kami minta untuk diperbaiki segera, “ ucap Setiawati.

Yudi Sandi menanggapai permintaan ini dengan mempertanyakan kepada Ketua PPK Badiri Hendra Sitompul terkait penanganan pengajuan keberatan di tingkat Kecamatan.

Ketua PPK Badiri menyatakan saat rapat penghitungan suara di tingkat kecamatan juga di hadiri Panwascam dan Saksi-saksi tetapi tidak ada mengajukan keberatan. Adapun keberatan hanyalah terkait penghitungan suara salah satu suara partai dan sudah dilakukan perbaikan.

“ Saat Pleno dibacakan oleh PPS di saksikan masing-masing saksi dan panwascam. Tidak ada keberatan baik dari saksi maupun dari panwascam. Adapun keberatan saat rapat pleno di kecamatan hanyalah penulisan suara partai PDIP di lembar DAA yang salah dan hal ini langsung kita lakukan koreksi, Pak,” jawab Hendra Sitompul.

Ketua Bawaslu Tapteng, Setiawati Simanjuntak tetap bersikukuh bahwa hasil rekapitulasi untuk beberapa TPS di Kecamatan Badiri di koreksi dan disesuaikan dengan temuan mereka.

“ Kami berhak memeriksa temuan setingkat kami. Bisa kemungkinan juga penyelenggara itu sendiri yang curang. Saya tidak menuduh PPK maupun Panwascam. Justru kami membaca dokumen yang ada pada kami,” tegas Setiawati.

Terhadap keberatan ini, Komisioner KPU dan para saksi yang hadiri sepakat untuk menskor Rapat Pleno untuk penghitungan suara diKecamatan Badiri selama dua jam atau hingga pukul 20.00 WIB.

Keputusan ini diambil, karena pihak Bawaslu meminta waktu untuk memisahkan dokumen terkait temuan mereka di Kecamatan Badiri . (ast)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan