Libur Isra’Miraj, Dinas Dukcapil Tapteng Tetap Layani Masyarakat

Petugas dari Dukcapil Tapteng saat melakukan rekam KTP el di Pantai Bosur
banner 468x60

1Minutesnews.com, TAPTENG | Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumut tetap membuka layanan pengurusan KTP el meski libur Libur Isra’Miraj.

Situasi ini terpantau media 1Minutesnews.com saat berlibur di Pantai Bosur, Kecamatan Pandan Kabupaten Tapteng hari Rabu (3/4/2019) sekitar pukul 13.00 WIB.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Untuk diketahui hari ini merupakan hari libur nasional tepatnya Isra’Miraj.

Tetapi dalam melayani masyarakat Dinas Dukcapil Tapteng terpantau tetap beraktifitas.

Staff Dinas Dukcapil Tapteng saat menginput data warga yang hendak melaksanakan perekaman KTP el di Pantai Bosur

Walau mempergunakan ruangan seadanya di Pintu Gerbang Pantai Bosur, terlihat beberapa pegawai Dukcapil Tapteng berjibaku melayani warga yang ingin merekam KTP el.

“ Tugas ini adalah petunjuk dari pimpinan (Kadis,red) , Pak . Kami ikhlas menjalankan, walau hari ini libur,” Kata Sauifi salah seorang pegawai Dukcapil Tapteng saat diwawancarai 1Minutesnews.com.

Masyarakat yang hendak merekam KTP El cukup membawa foto copy Kartu Keluarga setelah data di input, selanjutnya warga dipersilahkan untuk foto dan menyematkan sidik jarinya, sangat praktis dan hanya memakan waktu tak kuran dari 5 menit untuk satu warga.

“ Hanya foto copy Kartu Keluarga Pak, syaratnya. Hingga saat ini sudah sekitar 67 warga yang datang dan melakukan perekaman. Tetapi pencetakan kartu nya bukan di sini, tetapi di kantor. Setiap warga yang telah kita rekam, nomor hp nya kita minta. Saat kartu KTP el nya sudah selesai kita akan menghubungi yang bersangkutan,” lanjut Saufi.

Salah seorang warga Pandan usai melaksanakan perekaman KTP el milik anaknya mengaku informasi tentang adanya perekaman ini melalui media sosial.

“ Sangat.. sangat memuaskan pelayanannya,Pak. Saya tahu informasi ini dari Facebook. Sepulangnya dari sini saya akan informasikan kepada warga yang lain,” ucap Bapak dari Rizky Sanjaya ini.

Kepala Dinas Dukcapil Tapteng Erman Syahrin Lubis S.Sos MAP saat dihubungi mengaku bahwa kegiatan ini sesuai arahan dari Bupati Tapteng kepada nya.

“ Pak Bupati sudah perintahkan untuk melayani warga yang belum memliki KTP el, Pak. Ini semua untuk mensukseskan Pemilu 2019,Pak. Salah satu arahan adalah dengan mengadakan perekaman KTP el keliling atau jemput bola,” kata Erman melalui salauran telephone seluler.

Warga membubuhkan contoh tanda tangan usai melakukan perekaman KTP el di Pantai Bosur

Saat dipertanyakan bahwa hari ini adalah hari Libur, Erman menjawab bahwa sesuai petunjuk dari Bupati Tapteng dan arahan dari Kemendagri RI perekaman KTP el tetap di layani meskipun itu hari Libur, Sabtu dan Minggu.
Pantauan dari 1Minutesnews.com hingga pukul 16.20 WIB, masih terlihat warga melakukan perekaman KTP el di Pantai Bosur.

Untuk diketahui, MK memutuskan KTP-elektronik dan Surat Keterangan (Suket) Pengganti KTP-el merupakan syarat wajib bagi pemilih di Pemilu Serentak 2019.

Putusan ini diketok hari ini, Kamis (28/3), setelah sebelumnya diajukan permohonan uji materi pada Pasal 348 ayat (9) UU 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum, terutama yang terkait dengan penggunaan KTP-el sebagai syarat untuk mencoblos

Menyikapi keputusan MK ini, Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Dukcapil Kemendagri) menginstruksikan unit pelayanan administrasi kependudukan di daerah tetap melakukan pelayanan di hari Sabtu, Minggu, dan hari libur lainnya. (ast)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan