1MINUTESNEWS – KABAR SUMUT Sumatera Utara Duh.. Satwa Langka Ini Mati dan Menempel di Kabel Listrik PLN

Duh.. Satwa Langka Ini Mati dan Menempel di Kabel Listrik PLN

1Minutesnews.com, SIBOLGA | Satwa langka mirip Kukang (Nycticebus spp) ditemukan warga Jalan Pemancar TVRI Sibolga Kelurahan Sibolga Ilir, Kota Sibolga, Sumut dalam kondisi mati dan menempel di kabel listrik tegangan tinggi , hari Rabu (3/4/2019) sekira pukul 08.00 WIB.

“Kejadian Pagi lni Telah Ditemukan Seekor Binatang Langka Telah Mati Karena
TerKontak Arus Listrik.
Penduduk Sekitar MenyaranKan Agar
Pihak PLN Segera Mengevakuasi
Binatang Ini.
Pemancar TVRl Sibolga‘ “, tulis akun @Sgulogulo di linimasa facebook nya.

Sesuai informasi yang diperoleh 1Minutesnews.com melalui messenger dari akun facebook @ sarofati.gulo membenarkan adanya seekor binatang mirip Kukang ditemukan warga dalam kondisi mati dan menempel di kabel listrik.

Disebutkan dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 14.39 WIB, masyarakat belum berani mengevakuasi bangkai binatang ini karena takut tersengat arus listrik.

Warga juga berharap pihak PLN dapat mengevakuasi bangkai binatang mirip Kukang ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“ Iya bang, kejadiannya pagi tadi jam 8.00 keadaan mati masih tergantung diatas sampai sekarang,” tulis @sarofati.gulo melalui messenger.

Tidak dijelaskan bagaimana kronologisnya, hingga satwa malang ini bisa melintas dan tersengat arus listrik PLN.

Untuk diketahui, Kukang adalah primata bertubuh kecil, kekar, dan berekor sangat pendek. Kepalanya bulat, moncongnya meruncing, dan matanya besar. Rambut tubuhnya halus dan lebat.

Kukang, satwa langka yang dilindungi (Foto Istw)

Di Indonesia kukang sudah dilindungi sejak tahun 1973 dengan Keputusan Menteri Pertanian tanggal 14 Februari 1973 No. 66/ Kpts /Um/2/1973. Perlindungan ini dipertegas lagi dengan Peraturan Pemerintah(PP) Nomor 7 tahun 1999 Tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa, yang memasukan kukang dalam lampiran jenis-jenis tumbuhan dan satwa yang dilindungi.

Menurut Undang-Undang RI Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya pasal 21 ayat 2, perdagangan dan pemeliharaan satwa dilindungi termasuk kukang adalah dilarang. Pelanggar dari ketentuan ini dapat dikenakan hukuman pidana penjara 5 tahun dan denda Rp 100 juta. (ast)

0 Likes

Author: Administrator

Pimpinan Umum 1MINUTESNEWS.COM (1MNC)

Tinggalkan Balasan