9 Anggota Polri Gugur Saat PAM Pemilu 2019, Termasuk Mantan Kapolda Babel

Mantan Kapolda Babel, Brigjen.Pol.Drs.Syaiful Zachri,MM. semasa hidupnya (Foto Divisi Humas Polri)
banner 468x60

1Minutesnews.com, JAKARTA | Saat pesta demokrasi terbesar dalam sejarah Indonesia ini, ada duka bagi institusi Polri. Sembilan anggota Polri gugur saat tugas menjaga Pemilu 2019 di sejumlah daerah. Salah satunya, Mantan Kapolda Babel, Brigjen.Pol.Drs.Syaiful Zachri,MM.

“Polri berduka anggota kami telah gugur dalam tugas,” jelas Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen. Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M., Jumat (19/4/19).

Bacaan Lainnya
banner 300250

Sebagian anggota yang gugur diketahui karena sakit dan kelelahan dalam rangka mengamankan Pemilu serentak 2019.

“Semoga ini menjadi ladang amal bagi anggota yang gugur dalam tugas,” ujar Jenderal Bintang Satu itu.

Terkait kronologis gugurnya Mantan Kapolda Babel ini,  Karo Penmas Divisi Humas Polri ini menjelaskan almarhum meninggal usai di rawat di RS Siloam Labuan Bajo, NTT pada pukul 11.40 WITA.

Dijelaskan, Jenderal Bintang Satu itu diketahui berangkat dari Pelabuhan Pelni ke Pulau Rinca pada pukul 06.30 WITA pagi.

Almarhum adalah ketua tim asistensi Operasi Mantap Brata untuk wilayah Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) dan menjabat sebagai Dirbinpotmas Korbinmas Baharkam Polri. 

Almarhum saat itu datang bersama rombongan yakni AKBP Fery Boedianto, Pamen Roops Polda NTT Kompol Jamaludin, Kasat Sabhara Polres Manggarai Barat, Iptu Markus Malik, Brigpol Dewa Citra Widana dan Brigpol Bayu anggota Satlantas Polres Manggarai Barat. Sesampainya di Pulau Rinca pukul 08.00 WIB, ia melakukan tracking.

“Pukul 10.00 WITA rombongan dari Rinca, yang bersangkutan meminta ke Pulau Padar, namun dikarenakan BBM tidak cukup maka rombongan memutuskan untuk kembali ke Labuan Bajo,” tutur Karo Penmas.

Sekitar pukul 10.30 WITA rombongan tiba di Kelor. Sesampainya di bibir pantai Pulau Kelor, almarhum turun duluan dan diikuti yang lain.

“Rombongan mendaki menuju puncak bukit di Pulau Kelor, dalam perjalanan menuju puncak rombongan sempat bersitirahat satu kali,” sambungnya.

Kemudian pada saat rombongan turun dari bukit, Syaiful sempat beristirahat sejenak sambil menggosok dada dan meminum air selama 20 menit. Saat hendak kembali menuju pantai, Almarhum mengeluhkan sesak napas.

“Kemudian sempat dibantu oleh Kasat Sabhara Iptu Markus Malik untuk almarhum menyemprotkan ventolin (obat untuk membuka saluran napas di paru-paru), namun almarhum masih mengeluhkan pusing dan sakit di dada dan rombongan sempat membantu dengan mengoleskan,” lanjutnya.

Pada pukul 11.30 WIB rombongan tiba di Labuan Bajo. Selanjutya ia dibawa ke RS Siloam.

“Adapun jam kematian yaitu pukul 11.40 wita dengan status henti jantung,” lanjutnya.

Jenazah telah diberangkatkan ke Jakarta pada pukul 13.57 WITA dengan menggunakan pesawat Batik Air dari Bandara Komodo, Labuan Bajo.

Jenazah didampingi langsung oleh Kapolres Manggarai Barat, AKBP Julisa Kusumowardono, bersama Pamen Roops Polda NTT Kompol Jamaludin.

Sementara, personil Polri yang gugur dalam tugas sesuai keterangan Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen. Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M, diantaranya :

1. Aiptu M. Saepudin, Bhabinkamtibmas Cilengkrang, Polsek Cileunyi. Gugur karena kelelahan setelah mengawal kotak suara;
2. Aiptu M Supri, anggota Polresta Sidoarjo. Gugur saat melaksanakan pengamanan TPS 21 di Desa Bareng Krajan, Kecamatan Krian, Sidoarjo, Jawa Timur;
3. AKP Suratno, Panit Subdit II Ekonomi Ditintelkam Polda Kaltim. Gugur dikarenakan sakit;
4. Brigadir Prima Leion Nurman Sasono, anggota Polsek Cerme, Polres Bondowoso. Gugur dalam kecelakaan menuju TPS;
5. Bripka Ichwanul Muslimin, personel Polres Lombok Tengah, Polda NTB. Gugur karena kecelakaan menuju salah satu Polsek untuk apel kesiapan pengamanan TPS;
6. Aipda Stef Pekualu, anggota Polres Kupang, NTT. Gugur saat pengamanan Pemilu 2019;
7. Brigadir Arif Mustaqim, anggota Brimob Cikarang, Polda Metro Jaya. Gugur saat pengamanan Pemilu 2019;
8. Brigadir Slamet Dardiri, anggota Polsek Tosari, Polres Pasuruan. Gugur dalam kecelakaan saat pengamanan Pemilu 2019.

(Rel Divisi Humas Polri/Red)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan