BPBD Tapteng Gelar Sosialisasi Pembekalan Keterampilan Daerah Rawan Bencana

Acara Sosialisasi Pembekalan Ketrampilan Sederhana Bagi Masyarakat Daerah Rawan Bencana
banner 468x60

1Minutesnews.com, Tapteng | Untuk menangani darurat bencana kepada masyarakat yang wilayahnya rawan agar mereka selalu siap jika sewaktu waktu terjadi bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) menggelar Sosialisasi Pembekalan Ketrampilan Sederhana Bagi Masyarakat Daerah Rawan Bencana, Selasa (5/3/2019).

Kegiatan ini di laksanakan di Lokasi Air Terjun Sibuni-buni Kelurahan Sibuluan Nalambok Kecamatan Sarudik Kabupaten Tapanuli Tengah.

Bacaan Lainnya

banner 300250
Kabid Rehabilitasi dan Rekontruksi Leonardus J. Sinaga, ST saat memberikan arahan kepada para peserta.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Plt. Kepala BPBD Tapteng Safaruddin Ananda Nasution, SSTP,MM di wakili Kabid Rehabilitasi dan Rekontruksi Leonardus J. Sinaga, ST

Selain dari pihak BPBD Tapteng, kegiatan ini juga di hadiri Lurah Sibuluan Nalambok Romulus Manullang, Babinsa dan Babinkamtibmas serta Tokoh Masyarakat.

Sementara jumlah peserta yang mengikuti kegiatan Sosialisasi Pembekalan Ketrampilan Sederhana Bagi Masyarakat Daerah Rawan Bencana sebanyak 100 peserta.

Lurah Sibuluan Nalambok Romulus Manullang dalam sambutannya mengatakan mengingat Itensitas bencana alam yang terjadi akhir akhir ini di Indonesia, memang tidak dapat dikendalikan, Hal tersebut memang menuntut masyarakat Indonesia agar lebih cerdas dalam menyikapi setiap bencana yang terjadi.

“Berangkat dari pengalaman dan fenomena bencana alam yang terjadi di Indonesia saat ini, pengetahuan mengenai tanggap bencana menjadi salah satu tindakan yang tepat untuk diketahui oleh masyarakat,” kata Romulus Manullang.

Para Peserta sosialisasi terlihat asyik membuat suatu keterampilan disaksikan Lurah Sibuluan Nalambok Romulus Simanullang

Sementara itu, Plt. Kepala BPBD Tapteng Safaruddin Ananda Nasution, SSTP,MM di wakili Kabid Rehabilitasi dan Rekontruksi Leonardus J. Sinaga, mengharapkan para peserta yang terdiri dari masyarakat dapat beraktifitas baik ekonomi maupun sehari-hari saat dilokasi pengungsian apabila bencana terjadi.

“ Sosialisasi dengan memberikan pembekalan penanganan bencana kepada masyarakat sangat penting karena selain sebagai bekal, juga untuk membantu petugas BPBD daerah itu memberikan informasi ketika terdapat tanda tanda akan terjadinya bencana alam,” papar Leo .

Masih kata Leo Sinaga “Kita berharap dengan adanya sosialisasi dan pembekalan keterampilan sederhana ini, bisa tanggap saat bencana terjadi. Demikian juga saat berada di pengungsian, para peserta bisa memberikan penghasilan ekonomis melalui keterampilan yang diperoleh. Sehingga menghilangkan rasa bosan di pengungsian untuk menghindari tekanan psikologis bila mengungsi dalam waktu yang lama.

Walaupun di guyur hujan yang cukup deras, sosialisasi ini tetap berlangsung di dalam tenda-tenda yang sebelumnya sudah dipersiapkan. Terlihat para peserta cukup antusias mendengarkan para instruktur yang disiapkan BPPD Tapteng. (Ast)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan